Rabu, 02 Juli 2008

Jambi Tuan Rumah Pelatihan “Mobil Pintar” Se-Sumatera

Jambi, Batak Pos
Provinsi Jambi dipilih jadi tuan rumah penyelenggaraan pelatihan Tutor “Rumah, Mobil dan Motor Pintar” se-Sumatera yang berlangsung 2-4 Juli 2008 di Gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jambi.

Hal tersebut dikatakan Ketua Bidang Pendidikan Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) Ny Okke Hatta Rajasa ketika membuka secara resmi acara tersebut, Rabu (2/7). Dipilihnya Provinsi Jambi karena sukses dalam Penyelenggarakan Hari Keluarga Nasional dan Bulan Bakti Gotong Royong tahun 2008.

Motor Pintar : Salah satu “motor pintar” yang sudah beroperasi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Diharapkan “Motor Pintar” dapat menimbulkan minat baca masyarakat dari usia dini hingga dewasa. Foto batak pos/rs manihuruk.

“Program “Indonesia Pintar” tersebut adalah ide Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono yang diresmikan pada tanggal 18 Mei 2005. Latar belakang SIKIB merupakan perkumpulan para istri kabinet Indonesia bersatu, terbentuk pada tanggal 28 Desember 2004 sebagai wujud keprihatinan Ibu Negara paska bencana alam di Aceh,”katanya.

Disebutkan, tujuan pelatihan ini untuk lebih memberdayakan lagi anak-anak didik maupun masyarakat sekitar yang ada di lingkungan dimana sarana tersebut dioperasikan untuk mencapai tujuan masyarakat yang sejahtera kuat dan pada akhirnya dapat mensejahterakan bangsa Indonesia.

Menurut Okke, pada 29 Juni 2008 lalu telah diresmikan “Rumah Pintar” di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi yang mempunyai spesifikasi yang berbeda dibandingkan “Rumah Pintar” di daerah lain. Diharapkan peserta pelatihan yang berasal dari propinsi lain dapat mengambil contoh dari hal yang baik.

Dikatakan, keberadaan “Rumah, mobil dan motor pintar” ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca pada usia 4-15 tahun. Kemudian memfasilitai pengembangan kualitas pendidikan masyarakat, terutama yang lingkungan belajarnya kekurangan sumber belajar.

Selanjutnya memfasilitasi belajar di luar sekolah. Sedangkan sasaran program ini diantaranya adalah masyarakat di daerah tertinggal, daerah yang jarang dikunjungi oleh perpustakaan keliling, daerah yang kurang memiliki sarana penunjang pendidikan dan anak berasal dari keluarga prasejahtera di daerah tertinggal dan daerah terdepan.

Ketua Umum Penggerak PKK Propinsi Jambi Ny Ratu Munawaroh Zulkifli pada kesempatan itu mengatakan, program “Mobil dan Motor Pintar” mendapat sambutan yang cukup antusias dari anak-anak di desa yang dikunjungi. “Bahkan tidak anak-anak saja yang antusias tetapi nenek-nenek juga cukup antusias. Program ini sangat membantu masyarakat untuk menambah pengetahuan,”katanya.

Ketua Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO Prof Dr Arief Rachman menyatakan bahwa Unesco mengakui “Mobil Pintar dan Motor Pintar” betul-betul sangat bermanfaat untuk dapat menciptakan bangsa yang terdidik, karena sangat langsung menyentuh masyarakat yang membutuhkan.

Menurut Arief, dalam makalahnya berjudul Kiat menjadi tutor yang efektif, bertujuan mengoptimalkan pencapaian visi, misi dan program mobil, motor dan rumah pintar, mengoptimalkan kemampuan tutor dalam melayani peserta didiknya. ruk

Tidak ada komentar: