Sabtu, 07 Juli 2012

Pelayanan Bus INTRA Jurusan Jambi-Siantar (PP) Menyengsarakan Penumpang




 

Jambi News

Pelayanan angkutan darat bus antar kota antar provinsi (AKAP) PT INTRA jurusan Siantar-Jambi dan juga sebaliknya cukup menyengsarakan penumpang. Ketidak nyamanan penumpang itu dirasakan puluhan penumpang dari Jambi jurusan Siantar dengan bus Intra BK 7891 TK dengan label body “Boru Panggoaran”.

Bus tersebut berangkat dari Jambi, Jumat (6/7) sekitar pukul 12.30 WIB. Namun dalam perjalanan, banyak ditemukan kendala dalam armada tersebut. Seperti roda kenderaan yang mengalani pecah ban kurang lebih dari 4 kali hingga Pekanbaru. Kemudian yang paling riskan bagi kenyamanan penumpang yakni Bus tersebut tidak memiliki lampu jalan saat malam hari.

Bus Intra BK 7891 TK dengan label body “Boru Panggoaran” itu Sabtu 7 Juli 2012 pukul 06.00 baru tiba di Pangkalan Kerinci, Riau. Normalnya bus tersebut pada jam tersebut sudah memasuki Kota Pinang, Riau. Keterlambatan yang sungguh merepotkan penumpang.

Pengalaman itu yang dialami mertua penulis (R br Purba) beserta (5) keluarga lainnya. Pengalaman perjalanan bus INTRA itu juga menyusahkan mereka saat berangkat dari Siantar, Senin 18 Juni 2012 lalu. Namun mereka baru tiba di Kota Jambi, Selasa, 19 Juni 2012 pukul 22.00 WIB.

Alasan keterlambatan itu tidak lain dan tidak bukan karena sepanjang perjalanan, sekira 10 kali mengalami pecah ban luar dan bocor ban dalam. Keterlambatan perjalanan penumpang bus Intra jurusan Siantar-Jambi (PP) sudah kerap terjadi. Namun hingga kini masih ada pembiaran oleh Direksi Perusahaan PT Intra tersebut.

Menurut catatan penulis, armada Bus INTRA Jambi-Siantar tergolong pada bus “abal-abal” atau buangan dari jurusan lain di Sumatera. Penulis juga pernah mengalami menumpang bus INTRA dari Siantar ke Jambi yang tiba di Jambi pukul 22.00 WIB. Padahal normalnya jika berangkat dari Siantar pukul 12.00 wib, tiba di Jambi pukul 14.00 esok harinya. Kendala itu terjadi karena lampu malam bus tersebut rusak, sehingga setiap jalan malam kurang lancar dan hanya mengandalkan kenderaan didepannya.

Buruknya pelayanan Bus PT INTRA jurusan Jambi harus menjadi perhatian direksi dan Dinas Perhubungan Jambi dan Sumatera Utara. Karena keselamatan penumpang dinomor belakangkan oleh pihak Bus INTRA tersebut. Kini tiket Jambi-Siantar Rp 195.000 (kelas ekonomi) per orang. (Asenk Lee Saragih)  

Tidak ada komentar: