Selasa, 28 September 2010

Petani Menagih Hak Memiliki Lahan

Jambi, BATAKPOS

Ratusan petani yang tergabung dalam berbagai aliansi bersama dengan mahasiswa, tumpah ruah di Depan Kantor Gubernur Jambi, Jumat (24/9). Mereka melakukan aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional ke 50. Petani di Jambi meminta hak kepemilikan lahan untuk bertani yang selama ini cenderung dikuasai oleh perusahaan.

Musri Nauli SH, salah satu advokad petani di Jambi dalam aksi itu mengatakan, sejumlah perusahaan perkebunan swasta serta perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) cenderung menguasai lahan hingga menyerobot lahan petani.

Petani di Jambi juga meminta Gubernur Jambi Hasan Basri Agus untuk membantu petani dalam pengadaan lahan. Petani juga meminta pemerintah berpihak kepada petani dan bukan hanya untuk pengusaha.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan berbagai aliansi bersama dengan mahasiswa dilakukan dari Simpang BI Jambi menuju kantor Gubernur Jambi Telanaipura. Namun pengunjuk rasa tidak dapat memasuki arel kantor gubernur karena dihalau oleh petugas Sat Pol PP dan kepolisian. ruk

Tidak ada komentar: