Senin, 04 Maret 2024

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Disematkan Ulos Batak di Perayaan Jubileum 75 Tahun HKBP Jambi

Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto, SHI, MSi mendapat sematan "Ulos Batak" yang disampaikan Kepala Departeman (Kadep) Marturia Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pusat, Pdt Daniel Taruli Asi (TA) Harahap, MTh pada puncak perayaan Jubileum (UlangTahun) 75 Tahun HKBP Jambi di gereja HKBP Kotabaru, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Minggu (3/3/2024) siang. Kehadiran Edi PUrwanto pada kesempatan tersebut disambut antusias oleh Jemaat HKBP Jambi. (Foto: Fendi Sinabutar)

BERITAKU-Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto, SHI, MSi mendapat sematan "Ulos Batak" yang disampaikan Kepala Departeman (Kadep) Marturia Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pusat, Pdt Daniel Taruli Asi (TA) Harahap, MTh didampingi Praeses KBP Distrik XXV Jambi, Pdt Handry Lumban Tobing, STh dan Pendeta Resort HKBP Kotabaru Jambi, Pdt Edward Aritonang, STh pada puncak perayaan Jubileum (UlangTahun) 75 Tahun HKBP Jambi di gereja HKBP Kotabaru, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Minggu (3/3/2024) siang. Kehadiran Edi PUrwanto pada kesempatan tersebut disambut antusias oleh Jemaat HKBP Jambi.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto, SHI, MSi dalam sambutannya mengatakan, HKBP Jambi diharapkan tetap menjadi penggerak pembangunan dan pelopor kerukunan umat beragama di Provinsi Jambi. 

Edi Purwanto juga mengapresiasi keberadaan HKBP di Jambi yang selama ini turut memberikan kontribusi dalam pembangunan Jambi di berbagai bidang. Kemudian HKBP Jambi juga cukup konsisten dan memiliki komitmen merajut kerukunan dan kesetiakawanan di tengah umat bergama di Provinsi Jambi.

Disebutkan, HKBP menjadi salah satu organiasi keagamaan yang besar dan tetap menjadi berkat merajut persatuan dan kesatuan kita. Peranan HKBP ini harus terus diwarisi umat HKBP Jambi guna mendukung pembangunan Jambi. HKBP di Jambi semakin baik, lebih maju dan semakin bersatu memajukan kesejahteraan umatnya, masyarakat dan daerah Jambi.

Edi Purwanto juga mengapresiai kontribusi umat HKBP di Jambi menjaga kenteraman, keamanan dan kedamaian di tengah masyarakat Jambi, termasuk pada pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Ketenteraman masyarakat tersebut sangat penting, sehingga kontestasi pemilu di Jambi berlangsung dengan aman dan damai.
Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto, SHI, MSi. 

Menurut Edi Purwanto, pihaknya juga bangga ada dua orang warga HKBP di Jambi yang dipastikan lolos menjadi anggota DPRD Provinsi Jambi hasil Pemilu Legislatif 2024. Satu di antaranya, calon legislative DPRD Provinsi Jambi dari PDI Perjuangan, daerah pemilihan (Dapil) Kota Jambi, Daulat Sitorus. Satu orang lagi, Heldawati Nadeak, caleg DPRD Provinsi Jambi dari PDI Perjuangan Dapil Sarolangun – Merangin.

Menurut Edi Purwanto, kehadiran warga HKBP yang juga kader PDI Perjuangan di DPRD Provinsi Jambi penting mewarnai DPRD Provinsi Jambi. Wakil rakyat dari kalangan wakil HKBP di perwakilan rakyat penting guna menyampaikan aspirasi masyarakat, khususnya warga HKBP.

“Kita masuk menjadi anggota DPRD supaya kita tahu apa yang terjadi di dalam dan apa yang harus kerjakan. Dengan demikian HKBP yang menjadi salah satu entitas penting di Provinsi Jambi semakin terperhatikan. Kehadirwn wakilnya di DPRD membuat aspirasi umat HKBP di Jambi bisa tersalur. Semuanya tentu demi meningkatkan kesejahteraan bersama,”katanya.

75 Tahun

Perayaan Jubileum ke 75 tahun HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi dilaksanakan, Sabtu dan Minggu (2 dan 3 /3/2024). Menurut catatan sejarah, bahwa HKBP Jambi berdiri pada tanggal 13 Februari 1949 dengan Babtisan Kudus pertama yang dilakukan sebanyak 45 orang anak. Babtisan Kudus tersebut dilaksanakan di Keresiden Jambi atau sekarang disebut di Kantor Gubernur Provinsi Jambi.

Babtisan Kudus dilayani oleh Pdt SM. Sianturi, Pendeta ini bertugas di HKBP Palembang Ressort Sumatera Selatan. Perayaan Jubileum ke 75 tahun HKBP Jambi di mulai Sabtu (2/3/20214) dengan acara  Ibadah Pembukaan tepat pada pukul 8.30 WIB dipimpin Pdt HB Lumbantobing, S.Th Praeses HKBP Distrik XXV Jambi.

Sebenarnya Hari Ulang Tahun HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi yang beralamat di Jl Kapten Sujono No: 31 Paal Lima Kotabaru Jambi tanggal (13/2/1949, namun karena Pesta Demokrasi Pilpres/Pileg DPR RI/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten/Kota dan DPD dan (14/2/2024) maka Perayaan Jubileum ke 75 tahun diadakan 2 dan 3 Maret 2024.

Selanjutnya acara tortor setiap Wijk dilingkup HKBP Jambi sebanyak 15 wijk dan sekaligus membawa silua dan diadakan lelang denan juru lelang yang telah ditunjuk.

Sementara puncak acara Perayaan Jubileum  ke 75 tahun HKBP Jambi diadakan pada hari Minggu (3/3/2024). Acara puncak ini diadakan pelepasan burung merpati dan pelepasan balon oleh Anak Sekolah Minggu (ASM). Perayaan Puncak Jubileum ke 75 tahun HKBP Jambi ini diadakan  pada hari Minggu (3/3/2024). Diawali  Ibadah yang langsung dipimpin Pdt Daniel TA Harahap, M.Th yang juga Kepala Departemen Marturia HKBP. 

Sebelum acara ibadah terlebih dahulu diadakan barisan prosesi, mulai dari Gedung Asini Roha Kotabaru, Kota Jambi berjalan kaki menuju Gereja HKBP Jambi diperkirakan rombongan prosesi sebanyak 100 orang lebih.

Rombongan prosesi ini langsung dipimpin Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt Daniel Taruli Asi Harahap, MTh. Pdt Daniel TA Harahap, MTh alumni S1 dan S2 STT Jakarta mengantikan Pdt Kardi Simanjuntak, STh, MMin yang meninggal dunia pada tanggal 1 September 2021, dan secara aklamasi Pdt Daniel AT Harahap, MTh ini terpilih (16/2/2022) dan mulai menjabat 20 Februari 2022 untuk melanjutkan periode Kepala Departemen Marturia HKBP 2022 s/d 2024.

Sebelum terpilih sebagai Kadep Marturia HKBP, Pdt Daniel TA Harahap, M.Th melayani sebagai Pimpinan Jemaat di HKBP Ressort Tangerang Kota Distrik XXI Banten dan juga sebagai anggota Majelis Pekerja Sinode (MPS).

Pdt Daniel TA Harahap, M.Th telah menulis buku yang berjudul Doa-Doa Pengampunan Dosa tahun 2020 dan suami dr Martha Saulina Siregar, Sp.KK ini juga menulis sebuah buku Anak Penyu Menggapai Laut. 

Pada puncak Jubileum 75 Tahun HKBP Jambi, Kadep Marturia HKBP Pusat, Pdt Daniel Harahap, MTh menyambut baik kehadiran dan perhatian Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto pada Jubileum 75 Tahun HKBP Jambi. Kehadiran dan perhatian menunjukkan besarnya kepedulian Edi Purwanto sebagai Ketua DPRD ProvinsiJambi kepada umat HKBP di Jambi selama ini.

Pdt Daniel Harahap, MTh menyampaikan juga menyuampaikan ucapan selamat kepada Edi Purwanto yang dipastikan lolos menjadi anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi hasil Pemilui Serentak 2024. Setelah menjadi anggota DPR RI nanti, Edi Purwanto tetap memberikan perhatian kepada umat HKBP di Jambi seperti yang sudah diberikan selama ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Jubileum 75 Tahun HKBP Jambi, St Dr Rosinta Butarbutar, MH mengatakan, HKBP di Jambi merupakan salah satu gereja yang cukup besar. Jumlah umatnya cukup banyak dan rumah ibadahnya cukup representatif di beberapa wilayah Kota Jambi dan kabupaten di Jambi.

Sejak berdiri 13 Februari 1949 hingga saat ini, jumlah warga jemaat HKBP di Jambi sudah mencapai 2.583 KK (10.823 jiwa). Warga jemaat HKBP Jambi tersebut terdiri dari anak sekolah minggu sekitar 1.138 jiwa, remaja sekitar 743 jiwa, naposobulung (pemuda) sekitar 2.418 jiwa, ina (ibu-ibu) sekitar 2.451 jiwa, ama (bapak-bapak) sekitar 2.155 jiwa dan lanjut usia sekitar 1.918 jiwa.

Warga HKBP Jambi tersebut dilayani 97 orang parhalado (pelayan), terdiri dari pendeta sebanyak empat orang, bibelvrouw (penginjil wanita) satu orang, diakones satu orang dan sintua (penatua) 91 orang. HKBP Distrik XXV Jambi sekarang memiliki empat gereja (rumah ibadah) besar di Kota Jambi.

Masing-masing HKBP Kotabaru Jambi, HKBP Kebun Kelapa Kota Jambi, HKBP Anugerah Bagan Pete, Kota Jambi dan HKBP Syaloom, Pinang Merah, Kota Jambi. HKBP Distrik XXV Jambi juga memiliki gereja dan jemaat-jemaat di berbagai kabupaten se-Provinsi Jambi.

Perayaan Jubileum 75 Tahun HKBP Jambi berlangsung selama dua hari, Sabtu – Minggu (2 – 3/3/2024). Perayaan Jubileum 75 HKBP Jambi yang berlangsung meriah dan penuh kekeluargaan tersebut dihadiri sekitar 4.000 orang warga HKBP Jambi. Perayaan Jubileum 75 Tahun HKBP Jambi tersebut juga dimanfaatkan menggalang dana pembangunan geraja HKBP di Jambi serta dana Tahun Profesionalisme HKBP.

Penggalangan dan adilakukan melalui tarian bersama dan lelang. Jumlah dana yang berhasil terhimpun selama dua hari perayaan Jubileum 75 TahunHKBP Jambi tersebut hingga Minggu (3/3/2024) sore mencapai Rp 293 juta. (Berbagaisumber/Red-JP)  



Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto, SHI, MSi mendapat sematan "Ulos Batak" yang disampaikan Kepala Departeman (Kadep) Marturia Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pusat, Pdt Daniel Taruli Asi (TA) Harahap, MTh didampingi Praeses KBP Distrik XXV Jambi, Pdt Handry Lumban Tobing, STh dan Pendeta Resort HKBP Kotabaru Jambi, Pdt Edward Aritonang, STh pada puncak perayaan Jubileum (UlangTahun) 75 Tahun HKBP Jambi di gereja HKBP Kotabaru, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Minggu (3/3/2024) siang. (Foto: Fendi Sinabutar)

Tidak ada komentar: