.

.
.

Friday, 4 April 2014

CRHISTINA GLORIA PURBA Mewujudkan Keterwakilan Perempuan di Legislatif untuk Menjaga Pluralisme


CRHISTINA GLORIA PURBA CALEG DPRD KOTA JAMBI DAPIL KECAMATAN KOTABARU JAMBI DARI PARTAI PKB NOMOR URUT 4

Memiliki cita-cita mulia untuk terjun di dalam dunia politik merupakan bagian yang tak terpisahkan dewasa ini. Keterwakilan 30 persen perempuan dalam parlemen sudah menjadi harga mati dengan dilindungi undang-undang. Lewat politik, hal itu dapat diwujudkan sebagai cita-cita demokrasi yang terbuka dan terarah.

Hal itu jugalah yang dirindukan oleh Crhistina Gloria Purba, calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Jambi Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kotabaru Kota Jambi. Dirinya merupakan Caleg dari Patai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nomor urut 4.

Keterwakilan perempuan di DPRD Kota Jambi menjadi cita-citanya guna mewujudkan karya nyata dengan ikhlas untuk masyarakat Jambi. Kemudian Crhistina Gloria Purba ingin berjabat tangan bersama-sama untuk masyarakat lemah, terpinggirkan dan tertindas dan memberikan rasa aman pada mereka yang lemah. Berikut ini kutipan wawancara singkat Rosenman Manihuruk dengan Crhistina Gloria Purba.

Apa Motifasi Anda Mencaleg?

Tertarik dan rindu mencaleg karena ingin mewujudkan cita-cita dan karya nyata sejalan dengan visi dan misi saya “memajukan masyarakat, yaitu masyarakat yang terjamin hak asasi kemanusiaannya. Menjadikan masyarakat yang lebih dihargai dengan tetap mempertahankan pluralisme dan keberagaman.

Saya tertarik dipolitik, ingin adanya keterwakilan perempuan dalam berkarya dengan ikhlas untuk masyarakat Jambi. Walaupun pertama kali dipolitik tapi saya optimis. Kerena bisa atau tidaknya kita menjalankannya semua kembali ke niat atau tujuan kita yang sebenarnya. Suatu niat positif yang kita jalankan, hasilnya pasti menuju kebaikan.

Kenapa Anda Mencaleg Melalui PKB ?

Menurut saya PKB mereka partai yang terbuka dalam pengertian lintas agama, suku, ras dan lintas golongan. Selain itu mempunyai pandangan yang sama dengan teman-teman sesama pengurus maupun anggota.

Lewat PKB saya berjabat tangan bersama-sama untuk masyarakat lemah, terpinggirkan dan tertindas, memberikan rasa aman, tentram dan terlindungi. Mengembangkan hubungan tali persaudaraan antar sesama yang terikat dengan ikatan keagamaan, kebangsaan dan kemanusiaan dengan menjunjung tinggi semangat kooperatif dan integratif.

Saya juga mulai aktif di organisasi IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Provinsi Jambi sejak tahun 2007. Sekarang saya menjabat sebagai Wakil Sekretaris IWAPI. Saya juga menjabat Sekretaris DPW PPKB Provinsi Jambi.

Bagaimana Dukungan Keluarga Terhadap Pencalegan Anda?

Karena dukungan dari keluargalah saya memutuskan untuk maju. Terutama support dari suami yang paling utama. Keluarga besar dan kumpulan Purba Pakpak se Kota Jambi juga mendukung penuh saya maju jadi Caleg.

Sebagai istri dari seorang pengusaha dan juga sebagai putri dari keluarga pengusaha, saya mendapat dukungan penuh sebagai Caleg. Orang Tua saya yang juga sebagai tokoh masyarakat Batak di Jambi dan juga tokoh agama, menjadi motivasi saya untuk lebih berbuat untuk masyarakat Kota Jambi lewat lintas etnis, golongan, social, budaya dan agama.

Tekat saya maju sebagai Caleg untuk   mewujudkan keterwakilan perempuan di DPRD untuk menjaga pluralism ditengah masyarakat yang majemuk. Cita-cita inilah yang saya usung sebagai cita-cita mulia jika duduk di DPRD Kota Jambi.

Penilaian Anda Terhadap Karakter Pemilih Pemilu 2014 ?

Menurut saya karakternya masih seperti yang sudah-sudah. Floating massa, massa atau pemilih yang mengambang. Gampang beralih dari satu partai ke partai lain, dari satu caleg ke caleg lain.

Hal ini mungkin karena pemilih mempunyai informasi yang minim, baik tentang partai maupun caleg yang diusung partai politik. Sebagai pemilih harus benar-benar pintar dan cerdas untuk memilih.

Kenali calegnya, kenali karakternya yang benar-benar pro rakyat dan mampu mengesampingkan kepentingan pribadi. Hal itulah yang harus dijalankan jika kita ingin mendapatkan kualitas pemilu yang lebih baik dan lebih bermutu.(*/lee)
****BIODATA

Nama          : Christina Glorya Purba
TTL            :Jambi, 29 April 1978
Alamat      :Jalan Kolonel Sugiono No.15   Rt.10 Telanaipura – Jambi
Suami        :Pontas Pandapotan Sitanggang, MM
Anak          :Nadia Amaris Sitanggang
Orang Tua    : St RK Purba Pakpak / P br Sitepu
Saudara     : -Petrus Purba/ Shinta br Haloho
                     -Maria Magdalena Purba/ Sy Awal JD Damanik
Hobby         : Travelling, Membaca, Photography

ORGANISASI


-Aktif di IWAPI Provinsi Jambi sejak tahun 2007
-Wakil Sekretaris IWAPI
-Sekretaris DPW PPKB Provinsi Jambi
-IWAPI Berbagi Bersama Tukang Sapu Jalanan
-RAPIM PPKB di Bidakara, Jakarta
-Berbagi Bersama Anak-anak Kurang Mampu
-Aksi Sosial Dengan Salah Satu Pendiri IWAPI
-Aksi Sosial Dengan Ketua IWAPI Provinsi Jambi


***

Christina Glorya Purba (ke empat paling kanan) bersama Orang Tua dan Keluarga Besar.
Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 75 ( 12 Februari 1939-12 Februari 2014) St RK Purba Pakpak dan HUT perkawinan Ke 45 (27 Februari 1969-27 Februari 2014) St RK Purba Pakpak dengan P br Sitepu Sabtu (15/2/14). FOTO ROSENMAN M/HARIAN JAMBI

Christina Glorya Purba (belakang paling kiri) Bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar


Christina Glorya Purba (kanan) Bersama Ketua IWAPI Jambi Camelia Puji Astuti saat RAPIM PPKB di Bidakara- Jakarta


Christina Glorya Purba berbagi dengan anak kurang mampu.

Christina Glorya Purba (paling kiri) bersama saudara perempuannya dan iparnya Shinta br Haloho (kedua dari kiri). FOTO ASENK LEE SARAGIH

Christina Glorya Purba Bersama Suami dan Putrinya

Christina Glorya Purba dengan Suaminya Pontas Sitanggang. Foto-foto IST

HARIAN JAMBI EDISI CETAK PAGI SABTU 5 APRIL 2014 DI HALAMAN 10

No comments: