.

.
.

Jumat, 28 Februari 2014

Rental dan Jual Sepeda, Usaha Transportasi Manual dan Menyegarkan Tubuh

TOKO SEPEDA DI JAMBI. FOTO RIRIN/HARIAN JAMBI
Banyak orang menyepelekan usaha jual beli dan rental sepeda. Padahal usaha ini cukup menjanjikan. Kini masyarakat Jambi mulai gemar naik sepeda di setiap pagi dan sore hari. Seiring dengan itu, usaha jual dan rental sepeda tentunya akan menjanjikan pula. 

RIRIN, Jambi
Bersepeda merupakan sebuah olahraga atau kegiatan rekreasi yang menyenangkan. Sepeda bisa dikatakan sebagai salah satu moda transportasi darat yang murah, praktis, dan mudah untuk dikendarai. Selain tidak menggunakan bahan bakar, bersepeda dapat menyehatkan tubuh.
Sepeda adalah alat transportasi manual yang kaya akan manfaat. Hampir semua orang pernah menaiki sepeda. Selain bermanfaat untuk kesehatan, juga lebih hemat biaya daripada naik kendaraan lain. Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini banyak kalangan yang menyukai sepeda pada waktu-waktu tertentu.
Mengendarai sepeda dapat dinikmati oleh semua orang dengan segala usia, juga dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Karena banyaknya peminat itulah, saat ini di kota-kota besar membuat sepeda naik daun. Selain itu juga membuat produsen atau toko sepeda semakin kreatif dalam menciptakan produk-produknya.
Di Toko Bike ini ada berbagai jenis sepeda mulai dari sepeda BMX, sepeda fixie, sepeda mini dewa, sepeda Baby Walker hingga kereta dorong. Semua itu dipersuapkan demi untuk kepuasan para penggila sepeda.

“Kalau dulu pilihannya sangat terbatas, kini terdapat bermacam-macam model,” ujar Amin selaku pemilik toko sepeda di daerah Simpang Kawat, Jambi.
Toko Bike yang merilis penjualan sepeda gunung laris manis di pasaran. Seratus persen dari jumlah sepeda yang masuk ke toko ini,  75 persen telah habis terjual.
Larisnya sepeda itu di pasaran karena kami terus mensosialisasikan sekaligus mempromosikan kepada komunitas–komunitas dan club-club pecinta sepeda yang ada di Jambi, ujar Rudi selaku karyawan di toko Bike.
Selain itu, untuk  para pecinta sepeda yang ingin mempercantik sepedanya, di toko ini juga menyediakan  aksesoris sepeda, baju, helm, lampu dan berbagai variasi lainnya yang tentunya dapat menghiasi sepeda semakin menarik untuk dilihat. Untuk keamanan bersepeda sendiri, sepeda yang disediakan di toko ini menggunakan sistem UPS dan SNI yang tentunya dapat melindungi  ketika mengendarainya.
Menyesuaikan Kebutuhan
Di Jambi sendiri sudah cukup banyak toko sepeda yang menjual sepeda sesuai dengan keinginan dari para pecinta sepeda. Selain toko Bike, toko-toko lain yang juga menjual sepeda adalah seperti Adi Mitra atau Tri Jaya yang juga menyediakan beragam pilihan model dan harga. Harga yang dijual mulai dari 1 juta, buatan Cina.
“Rentang harganya sangat beragam. Tergantung pembeli, mau memilih merek atau memilih harga,” kata Halim, pemilik toko sepeda Tri Jaya, ketika ditemui di tokonya.
Oleh karena itu, jika ingin membeli sepeda harus tahu dulu sepeda seperti apa yang dibutuhkan dan berapa uang yang harus dikeluarkan. Karena dari pihak toko penjual sepeda juga menyediakan harga sesuai dengan yang dibutuhkan.
Bersepeda, Menyehatkan
Tentu saja olahraga memakai apapun atau dengan cara apapun selalu berdampak baik untuk kesehatan tubuh. Olahraga secara teratur akan membuat tubuh lebih bugar, fresh dan lebih tahan terkena serangan penyakit. Begitupun juga berolahraga menggunakan sepeda.
Dalam hal ini, bersepeda bisa dilakukan sebagai salah satu hobi atau olahraga. Karena selain menyenangkan dan tidak berat, bersepeda juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.
“Kalau saya senang bersepeda karena selain seru juga bisa menyehatkan,” ujar Silvia selaku pecinta sepeda ketika di temui di daerah Gubernuran.
Namun, alasan yang paling banyak digunakan para pecinta sepeda adalah untuk menurunkan berat badan dan lemak badan. Karena alasan itulah, mereka para pedalis sering kali mengenakan jaket saat bersepeda, dengan tujuan agar lebih cepat menurunkan berat badan atau lemak badan.
Oleh karena itu, di beberapa negara lain yang juga ikut mencanangkan penggunaan sepeda. Di antaranya adalah Amsterdam, Belanda, Berlin, Jerman, Barcelona, Spanyol dan Jepang.(*/lee)
***
Budaya Bersepeda di Kalangan Masyarakat Jambi
Seperti diketahui kemudian, sepeda menjadi kendaraan yang mengasyikkan. Selain itu, bersepeda juga bisa dijadikan sebagai salah satu budaya yang menyehatkan dan ramah lingkungan. Orang yang bersepeda akan merasa jauh lebih fit dibandingkan dengan orang yang menggunakan mobil atau sepeda motor.
kOMUNITAS bmx JAMBI
Selain itu, sepeda tidak mengeluarkan gas-gas yang menyebabkan polusi dan tidak menyebabkan kemacetan. Pertimbangan inilah yang menjadikan budaya bersepeda semakin dikembangkan di berbagai daerah.
khusus di Jambi budaya bersepeda bisa dilihat ketika sore hari dan akan rame saat weekend. Apalagi kalau hari minggu, mulai dari jam 05.00 pagi, di lokasi Gubernuran banyak para pecinta sepeda berkumpul di sana. Untuk olahraga ataupun sekedar jalan-jalan menikmati udara pagi.
“Kami sering ngumpul di sini setiap sore untuk latihan, tapi kadang juga di Gor Kota Baru,” ungkap Andi selaku anggota komunitas BMX Jambi.
Oleh karena itu, para pecinta sepeda ini sangat mengharapkan agar warga Jambi bisa menciptakan budaya bersepeda. Karena manfaatnya sudah cukup banyak.
Melestarikan Lingkungan
Salah satu masalah utama yang ada di Jambi selain dari narkoba adalah polusi udara. Di Jambi memiliki tingkat polusi udara yang lumayan tinggi yang disebabkan oleh banyaknya kendaraan bermotor.
Tidak bisa dibantah lagi bahwa jumlah kendaraan yang setiap hari melintasi jalanan kota Jambi sudah melebihi kapasitas jalan dan jumlahnya juga sudah sangat banyak. Tak heran jika Jambi memiliki tingkat polusi udara yang cukup tinggi.
Untuk mengurangi tingat polusi udara, salah satu caranya ialah dengan beralih menggunakan transportasi yang ramah lingkungan. Salah satu upaya yang paling sederhana yaitu dengan menumbuhkan budaya bersepeda dalam aktivitas sehari-hari. karena dengan bersepeda akan dapat mengurangi tingkat polusi udara. Apalagi berbagai penelitian semakin menguatkan manfaat menggunakan sepeda terhadap kelestarian lingkungan.
Menjadi Ajang Bisnis
Harga sepeda saat ini bisa dikatakan cukup mahal. Namun bagi anda pecinta sepeda jangan khawatir. Karena jika tidak belum cukup dana untuk membeli sepeda, maka anda bisa menyewa sepeda yang ada di daerah Telanaipura, Jambi. Di daerah tersebut terdapat tempat penyewaan sepeda yang harganya cukup terjangkau.
“Harga nyewanya Rp 10.000 untuk perjamnya,” ungkap Arif selaku karyawan penyewaan sepeda.
Menurut keterangan dari Arif, bahwa lokasi penyewaan sepeda tersebut sudah ada sejak tahun 2010 yang lalu. Di mana pada saat itu sudah banyak peminat dari sepeda untuk sekedar jalan-jalan di sore hari. Penyewa sepeda kebanyakan dari kalangan remaja.
Sepeda sewa yang disediakan cukup bervariasi. Ada yang model sepeda sendiri dan ada juga model sepeda yang berpasangan. Jadi anda tinggal memilih sesuai dengan yang diinginkan.
“Ramenya itu ketika Jum’at, Sabtu sore sedangkan untuk hari minggu itu ramenya dari pagi,” papar Arif.
Sampai saat ini penyewaan sepeda masih tetap banyak diminati. Oleh karena itu, usaha penyewaan sepeda bisa menjadi salah satu ajang bisnis. Karena untuk di kota-kota besar menggunakan sepeda itu bisa dijadikan sebagai salah satu olahraga ataupun rekreasi.(rin/lee)
***
Manfaat Bersepada Untuk Kesehatan
1.    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik seperti berolahraga dan bersepeda bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih bugar. Selain itu, bersepeda juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sel kanker dan tumor.
2.    Kekuatan otot
Manusia memiliki beberapa ratus otot yang digunakan setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Tak aktif selama satu minggu saja bisa menurunkan kekuatan otot sebanyak 50 persen dan merusaknya dalam jangka waktu yang panjang. Ketika berolahraga, otot akan semakin aktif. Ini membuat otot semakin kuat dan berfungsi secara efisien.
3.    Kesehatan mental
Bersepeda memiliki efek yang baik untuk membuat seseorang menjadi tenang. Selain itu, bersepeda juga bisa menstabilkan tubuh secara fisik maupun emosional. Bersepeda bisa menurunkan kadar kecemasan, depresi, dan masalah psikologi lainnya. Selain itu, olahraga dengan bersepeda juga bisa menyeimbangkan hormon.
4.      Penyakit jantung dan kardiovaskular
Jantung adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Namun jantung juga bisa rusak akibat kurangnya aktivitas. Bersepeda adalah aktivitas yang paling baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan jantung. Semua faktor yang bisa mengarah pada serangan jantung bisa dikurangi dengan bersepeda. Bersepeda juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen.
5.    Berat badan dan obesitas
Bersepeda adalah aktivitas ideal yang bisa menurunkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas hingga 70 persen.
6.    Tekanan darah
Bersepeda secara teratur bisa mencegah atau setidaknya mengurangi tekanan darah. Menjaga tekanan darah tentu penting untuk menghindari stroke atau kerusakan pada organ lainnya. Tekanan darah juga bisa diturunkan dengan menurunkan kecepatan detak jantung, yang bisa dilakukan dengan bersepeda teratur.
7.    Kanker
Aktivitas fisik, seperti olahraga telah diketahui bisa menurunkan risiko kanker payudara, usus, prostat, dan pankreas. Kemungkinan besar, bersepeda juga bisa menurunkan risiko kanker paru-paru.
8.    Kurangi stres mental
Bersepeda memiliki efek relaksasi yang besar karena gerakan sikliknya yang seragam dapat menstabilkan fungsi tubuh, baik dari segi fisik dan mental.
9.    Melindungi Bumi
Memilih sepeda untuk dijadikan alat transportasi  akan mengurangi emisi gas rumah kaca, biaya pemeliharaan jalan, serta berkontribusi untuk mencegah kemacetan. Bersepeda selama 25 menit setiap harinya, Anda mampu menyimpan sekitar 165 kg karbondioksida selama satu tahun.(rin/lee)
(HARIAN JAMBI EDISI CETAK PAGI KAMIS 27 FEB 2014)

1 komentar:

indradewa mengatakan...

berapa harga sepeda fixie baru ?