.

.
.

Sunday, 16 February 2014

Mengandalkan Tuhan dan Menjadi Berkat bagi Orang Lain


St RK Purba Pakpak bersama istri P br Sitepu saat potong tumpeng. Foto-foto Rosenman Manihuruk alias Asenk Lee Saragih.

St RK Purba Pakpak-P br Sitepu

“Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan. Hidup dimintanya dari pada-mu; Engkau memberikannya kepadanya, dan umur panjang untuk seterusnya dan selama-lamanya. Karena oleh aku umurmu diperpanjang, dan tahun-tahun hidupmu ditambah.

ROSENMAN MANIHURUK, Jambi

Demikian kutipan Injil Amsal 3: 16, Mazmur 21:5 dan Amsal 9: 11 pada tata ibadah kebaktian syukur Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 75 ( 12 Februari 1939-12 Februari 2014) St RK Purba Pakpak dan HUT perkawinan Ke 45 (27 Februari 1969-27 Februari 2014) St RK Purba Pakpak dengan P br Sitepu di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi, Sabtu (15/2/14).

Ibadah dipimpin Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt JP Tamsar STh, nyanyian Vik Pdt P Sipayung STh dan Doa Syafaat Pdt Jhon Ricky R Purba MTh, Persembahan Sy RI Girsang, Sy Salmen Purba dan Organis Sy Friston R Sinaga SPd. Sementara yang menghitung persembahan St R Saragih dan Sy R Tondang. Ibadah syukur itu dihadiri sekitar 350 jemaat dan undangan. 

“Sudah berpuluh tahun ya Tuhan, Engkau memelihara hidup kami, dengan murah Engkau anugerahkan putra dan putri juga cucu, sungguh tak terukur bahagia ini. Banyak suka duka selama 45 tahun ini telah kami lewati, kalau mengingat ke belakang sungguh kami mengakui, bukan kuat kami, tapi hanya pertolongan Tuhan sajalah yang memelihara keluarga kami,” demikian  ucapan syukur St RK Purba Pakpak dengan P br Sitepu saat ibadah.

“Terimakasih Tuhan, Engkau memberikan kesehatan, panjang umur dan limpah sukacita kepada orang tua kami ini. Semakin berkatilah orang tua kami ini Tuhan, agar dalam masa tuanya semakin menjadi berkat bagi orang lain,” ujar anak dan cucu St RK Purba Pakpak dengan P br Sitepu pada ibadah itu. 

Dalam ibadah juga menampilkan puji-pujian dari Vokal Group (VG) GKPS Tanah Kanaan Jambi, VG Persekutuan Mak Echa dan Mak Samuel, Koor Wanita GKPS Kotabaru Jambi,  VG PGKPS Kotabaru Jambi. 
Vik Pdt P Sipayung STh dan Pdt JP Tamsar STh.
Pdt JP Tamsar STh dalam kotbahnya mengatakan, menjadi berkat bagi setiap orang, adalah rencana Tuhan. Hal itu jugalah yang diterima St RK Purba Pakpak dalam usia 75 tahun dan mengarungi rumah tangga dengan P br Sitepu selama 45 tahun ini.

Mengandalkan Tuhan dalam hidup, tentunya akan membawa berkat yang berkelimpahan. Seperti Injil Mazmur 128: 5-6 menuliskan “Kiranya Tuhan memberkati engkau dari Sion, supaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu, dan melihat anak-anak dari anak-anakmu”.

“Firman Tuhan berkata; Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan kuperhatikan kepadanya keselamatan dari pada-Ku,” demikian Injil Mazmur 91:16 seperti dikutip Pdt JP Tamsar dalam kotbahnya.

Sebelum ibadah di gereja dimulai, sebelumnya keluarga besar St RK Purba/P br Sitepu melakukan doa bersama yang dipimpin oleh Vik Pdt P Sipayung di Gedung Serbaguna GKPS Jambi.

Bernafas dalam Lumpur

St RK Purba Pakpak Pakpak, mantan Pengantar Jemaat GKPS Jambi selama dua periode ini pada kata sambutan menuturkan perjalanan hidupnya yang penuh dengan pahit getirnya hidup. 
St RK Purba Pakpak-P br Sitepu saat berikan kata sambutan di GKPS Jambi.
St RK Purba Pakpak, anak kelima dari tujuh bersaudara dari pasangan Hakim Huta Purba Pakpak dengan R br Sinaga. Lahir pada hari Minggu 12 Februari 1939 di Rumah Bolon Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun. Rumah Bolon merupakan rumah kerajaan Simalungun pada waktu itu dan satu rumah itu tinggal dengan 18 kepala keluarga.

Saat usia menginjak 30 tahun, berkenalan dengan P br Sitepu yang merupakan boru tulang asal Desa Suka Nalu, Kabupaten Karo. “Inang ini adalah boru tulang, ayah saya dan ayahnya sudah akrab dulu. Jadi kami dipertemukan. Pada 27 Februari 1969 kami menikah dan diberkati di GBKP Kabanjahe Kota. Gereja ini merupakan gereja tertua di Kabanjahe,” ujar putra Hinalang ini mengenang.

“Prosesi adat perkawinan di Kabanjahe sangat berkesan. Sampai-sampai saat acara pemberkatan saya mengantuk di gereja karena capek oleh prosesi adat yang panjang sebagai tradisi budaya di Kabupaten Karo saat itu. Kemudian bersama istri P br Sitepu merantau ke Jakarta dengan naik Kapal Tongho dari Belawan,” kata Ketua Umum Pembangunan GKPS Hinalang ini.

Tinggal di rumah kontrakan berukuran 3x12 meter di Grogol. Tidak ada kursi tamu, hanya tikar yang diberikan mertua dari kampung. “Saat kami membeli rak piring rotan seharga Rp 15 ribu, hal itu sudah hal istimewa saat itu. Tidak terceritakan perjuangan hidup ini, sulit untuk diceritakan. Kami ibaratkan sudah bernafas dalam lumpur,” ujar Opung Samuel ini.

Jambi Tanah Kanaan

Mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah kehidupan, itu yang dirasakan keluarga St RK Purba Pakpak dengan P br Sitepu hingga kini diberkati 4 anak dan 10 orang Pahompu (cucu-red). Jambi bagi mereka merupakan tanah berkat atau Tanah Kanaan yang diberikan Tuhan.

“Jambi ini merupakan Tanah Kanaan bagi keluarga kami. Di Jambi ini kami mendapatkan banyak berkat. Inilah pemberian Tuhan kepada kami. Kami merasa berhutang pada Tuhan, dan kami mencurahkan sebagian berkat itu demi kemuliaan Tuhan lewat pelayanan-pelayanan di gereja,” ujar tokoh Nasrani Jambi yang tinggal di Jalan Karya Maju Telanaipura, Kota Jambi ini.  

Kesuksesan St RK Purba Pakpak membangun sejumlah usaha mulai dari perminyakan, gas, angkutan BBM, perkebunan dan usaha lainnya, juga diikuti seluruh putra-putrinya. Saling bahu membahu dan prinsip kebersamaan merupakan kunci sukses keluarga St RK Purba dalam membangun usahanya di Jambi. Dan kata kuncinya tetap memohon Doa pertolongan Tuhan.

“Tuhan tidak menutup mata bagi orang-orang yang meminta permohonan kepadaNya. Bagi warga yang belum beruntung jangan putus asa, dan tetap semangat menjalani hidup. Berkat yang kami terima ini adalah pemberian Tuhan dan semoga juga sebagian untuk kemuliaan Tuhan melalui pelayanan-pelayanan,” ujar St RK Purba.

Hingga usia 75 tahun dan HUT Perkawinan 45 tahun, St RK Purba mengaku “masih ok” dalam hal berbuat pelayanan dan bersosial terhadap sesama. Jadi berkat bagi orang lain, sudah menjadi prinsip hidup St RK Purba/br Sitepu dan keluarga besar.

“Saya dikarunia 5 anak, empat perempuan, 1 laki-laki dan 10 Pahompu. Ini semua berkat dari Tuhan. Walau sudah tua begini tapi masih oke,” kata St RK Purba yang disambut tepuk tangan jemaat.

St RK Purba juga mengatakan alasan perayaan ulang tahun kali ini diadakan di gereja, bukan di hotel-hotel seperti sebelumnya. “Kami ingin merayakan sukacita ini dengan saudara seiman dan keluarga-keluarga semua. Kalau di hotel, gara-gara pejabat, kadang keluarga tidak terakomudir keseluruhan,” ujarnya. 

Bingkisan Syukur untuk Pendeta

Sebagai tanda syukur di HUT Ke 75 St RK Purba Pakpak dan HUT Perkawinan Ke 45 St RK Purba Pakpak-P br Sitepu, mereka memberikan bingkisan kepada para pendeta yang diundang pada acara itu. 
St RK Purba didampingi  inang P Br Sitepu saat memberikan bingkisan kepada Pdt Pinem dari GBKP Jambi.
Bingkisan itu kepada Pdt JP Tamsar STh, Vik Pdt P Sipayung STh, Pdt MH Purba Tamsar (Ketua PGIW Jambi), Pdt Pinem (GBKP Kotabaru Jambi), Pendeta GBKP KM 46.

“Bingkisan ini sebagai ucapan sukacita dan syukur atas bimbingan para Pendeta terhadap keluarga besar kami. Bingkisan ini sebagai rasa syukur dan reward kepada pendeta tetap setia dalam pelayanan,” ujar St RK Purba yang juga mencetak 250 eksamplar buku Tata Ibadah GKPS bahasa Indoensia untuk GKPS Kotabaru Jambi.

Mobil Resort Jambi
Pemberian Kunci Mobil secara simbolis kepada Pengurus GKPS Resort Jambi oleh St RK Purba-P Br Sitepu dan Petrus Purba dan istri serta keluarga.

Menginjak usia 75 tahun, St RK Purba Pakpak sangat terharu atas pemberian mengejutkan dari Inang P br Sitepu, kepada Pengurus GKPS Resort Jambi. Pemberian mengharukan itu, diucapkan St RK Purba dengan mata berkaca-kaca.

Ny St RK Purba Boru Sitepu saat membuka stiker logo GKPS pada mobil xenia.
“Saya terharu, di saat usia saya menginjak 75 tahun, ibu kami P br Sitepu memberikan penghargaan mengharukan sebuah kenderaan operasional kepada Pengurus GKPS Resort Jambi. Kami sangat berhutang kepada Tuhan, dan ini tak seberapa demi pelayanan. Ini sebagai ucapan syukur yang berkat berlimpah yang diberikan Tuhan kepada kami. Semoga tanda syukur ini bisa bermanfaat untuk kemuliaan Tuhan dan pelayanan di GKPS Resort Jambi,” ujarnya.

Secara simbolis, kenderaan Xenia warna Putih Silver itu diserahkan oleh St RK Purba/ P Br Sitepu, Petrus Purba/ br Haloho, P Sitanggang/br Purba kepada Pengurus GKPS Resort Jambi, Pdt JP Tamsar, St JB Sitopu, St M Saragih, Sy Awal DJ Damanik, St J Girsang usai ibadah, Sabtu (15/2/14).

Acara pembukaan stiker GKPS dan pintu mobil serta pemberian simbol Beras Tenger (taburan beras) pada mobil sebagai tanda selamat pakei mobil. Boras tenger itu dilakukan St RK Purba/ P br Sitepu dan Petrus Purba disaksikan Pengurus GKPS Resort Jambi usai acara syukuran tersebut.

Sementara Keluarga Sy Awal DJ Damanik/br Purba Pakpak menghibahkan satu unit sepeda motor jenis Supra Fit untuk perasional Pendeta GKPS Resort Jambi. Pdt JP Tamsar STh dan Pengurus GKPS Resort Jambi mengucapkan terimakasih atas songgot-songgot kejutan dari  keluarga besar St RK Purba/ Br Sitepu yang selalu peduli terhadap pelayanan.  
  
Potong Tumpeng

Usai acara ibadah, dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng dan jamuan makan bersama di Gedung Serba Guna GKPS Jambi. Acara dipandu oleh St F Sipayung dengan St E br Sitopu dan dihibur musik dan lagu Lae Bakkara. 

Petrus Purba saat berikan kata sambutan.

Sebelum pemotongan tumpeng kata sambutan mewakili keluarga besar St RK Purba/br Sitepu yang diwakilkan Bp Petrus Purba/br Haloho (anak laki-laki St RK Purba). 

“Terpujilah Allah Bapa di surga, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Persekutuan Roh Kudus yang senantiasa memberkati, mengasihi, memberikan nafas kehidupan dan sukacita bagi kita. Tuhan telah mempersatukan kita di tempat ini dalam kebersamaan tali kasih Tuhan melalui acara ibadah Doa Syukur Kebaktian atas HUT Bapak yang ke 75 dan HUT Pernikahan Bapak dan Mama yang ke 45 tahun,” ujar Petrus Purba.

“Banyak suka dan duka, tawa-tangis, damai-perselisihan yang mereka (Bapa-Mama) sudah alami dan lalui. Itu semua adalah dekorasi dan lukisan dalam kehidupan keluarga. Terimakasih kita ucapkan kebaikan Tuhan yang memberkati, menguatkan dan menopang mereka. Dan kita imani bahwa semua ini boleh terjadi hanya oleh karena belas kasihan dari Allah Bapa semata,” kata ayah dari tiga anak ini.

Hela (Menantu-red) dari Brigjen Pol Edison Haloho mengatakan, ucapan terimakasih kepada seluruh para Pendeta, hamba-hamba Tuhan yang hadir beserta keluarga dan para pelayan yang sudah melayani dalam acara Ibadah Doa Syukuran ini.

“Kepada Tondong, Tulang, Kalimbubu (Sitepu, Sinaga, Haloho) yang selalu mengasihi, mendoakan kami semuanya. Semoga kasih karunia dari Allah Bapa terus mengalir dalam kehidupan dan keluarga semuanya. Sanina, Boru dan Panagolan Purba Pakpak yang turut mendoakan orang tua kami ini. Biarlah damai sejahtera, sukacita dari Tuhan Yesus memberkati kita,” katanya. 

Petrus Purba juga mengucapkan terimakasih kepada Pengurus GKPS Resort Jambi, Pimpinan Majelis Jemaat GKPS Jambi, Pimpinan Majelis Jemaat GKPS Tanah Kanaan Jambi, Majelis GKPS se Resort Jambi dan keluarga, Pengurus Seksi-Seksi GKPS tingkat jemaat dan Resort Jambi, warga Jemaat GKPS se Resort Jambi.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para undangan yang mengasihi kami yang dapat kami sebutkan satu persatu. Kami sampaikan dari hati yang teramat dalam untuk doa, kehadiran dalam kebersamaan kita. Kasih penyertaan Tuhan hadir di dalam kehidupan kita semua. Terimakasih, Diatetupa, Bujur,” katanya. 

Pada acara syukuran itu dua cucu St RK Purba yakni Alima Theresia Stevanova br Damanik ( kelas 5-SD) dan Nadia Amaris br Sitanggang (kelas 4 SD) membawakan lagu spesial untuk Opung.

Kemudian lagu dan puisi juga dipersembahkan Samuel Januardo Purba (kelas 5 SD) di HUT tahun 75 tahun St RK Purba dan HUT 45 Perkawinan St RK Purba/ P br Sitepu. Lagu dan puisi dari pahompu (cucu) menambah kebahagiaan St RK Purba/ P br Sitepu.

Usai pemotongan tumpeng, St RK Purba/ P br Sitepu menerima pemberian makanan khas adat Simalungun Dayok Binatur (masakan ayam kampung yang dipanggang dan disajikan secara tersusun di atas piring lebar-red) dari Pengurus GKPS Resort Jambi, Majelis GKPS Tanah Kanaan dan Komunitas Warga Hinalang di Jambi kepada St RK Purba/ P br Sitepu. Hadiah spesial juga diberikan Wakajati Jambi JW Purba Pakpak.

Doa makan disampaikan Pdt Pinem dan undangan menikmati hidangan yang beragam. Tampak sukacita dan kebersamaan pada acara syukuran itu. Hiburan dan tarian sukacita juga  menghangatkan suasana syukuran itu. 

Sejumlah hadiah doorprize bagi undangan yang hadir juga diundi sebagai wujud kebahagian saling berbagi. Hadiah itu mulai dari mesin curi, TV LCD, karpet dan peralatan rumah tangga lainnya. 

Ucapan selamat dalam bentuk papan bunga, benner, spanduk juga datang dari Tigor Sinaga, caleg DPR RI dapil Provinsi Jambi, Keluarga Besar Brigjen Pol Edison Haloho-Jakarta, Pimpinan Pusat GKPS-Siantar, Ketua PGIW Jambi Pdt MH Purba/ N.J br Hutabarat, Op Kiben Damanik-Medan, Pengurus GKPS Resort Jambi, Seksi Bapa GKPS Jemaat Jambi, Tumpuan Purba Pakpak-Boru-Panagolan Jambi, Keluarga Efron Purba.

Ucapan papan bunga juga datang dari keluarga Dra Berthalina S br Damanik/Ir Feddy Budiman Sastra Purba Sidadolog-Pekanbaru-Riau, drg Januar Riahdo Damanik SpOn/ Susanna Rotua br Saragih SE MM-Medan.

Kemudian dari Ir Iwan Hardi B Damanik MM/ Elly Mathilda br Manullang SE-Medan, Ir Oskar Fajar Damanik MM/ Ariesandhy Sondang br Sitorus SE-Cinere Jakarta, Sy Awal JuniDarwan Damanik SE MM/ Maria Magdalena br Purba SE MBA- Jambi.

Papan bunga lainnya dan kehadiran karyawan PT Hilman Hutamas Putra (agen Gas Elpiji Pertamina Jambi-Direktur Utama : Maria Magdalena Purba SE MM, Direktur : Christina Gloria Purba, PT Putra Hang Tuah (angkutan BBM Pertamina dan Agen BBM Industri Pertamina Jambi).

Kemudian PT Kenali Besar Sumber Makmur (SPBU Pertamina Jambi)-Direktur Utama : Petrus Hilman DT Purba BBA, PT Vazzasindo Arga Mulia (Agen Pelumas Pertamina Jambi)-Direktur Utama : Awal Juni D Damanik SE  MM .

Selanjutnya ucapan selamat dari karyawan  SPBU No.24.361.01 Simpang Rimbo Jambi, SPBU No. 24.361.41 Jl Pattimura Jambi. Semua usaha itu, St R Kumpul Purba Pakpak / P br Sitepu sebagai komisaris utama dan komisaris.  Selamat Ulang Tahun Opung. (*/lee)
(BERITA INI NAIK CETAK DI HARIAN JAMBI SENIN 17 FEBRUARI 2014-HALAMAN 18). foto di Harian Jambi hanya naik 4 foto. 
Alima Theresia Stevanova br Damanik dan Nadia Amaris br Sitanggang membawakan lagu spesial untuk Opung.

Koor Seksi Wanita GKPS Jambi.

Kuliner Adat Khas Simalungun Dayok Binatur.
 
Pemberian Kuliner Adat Khas Simalungun Dayok Binatur kepada St RK Purba-P Br Sitepu dari Kumpulan Purba Pakpak Jambi.
Pemberian Kuliner Adat Khas Simalungun Dayok Binatur kepada St RK Purba-P Br Sitepu dari kumpulan kampung halaman Hinalang di Jambi.

Pemberian Kuliner Adat Khas Simalungun Dayok Binatur kepada St RK Purba-P Br Sitepu dari Pengurus GKPS Resort Jambi.
 
Putri dari St RK Purba dan menantu br Haloho kedua dari kiri.

Samuel Januardo Purba menyanyikan lagu khusus untuk Ompung St RK Purba Pakpak-P br Sitepu.

St RK Purba dan Petrus Purba menyerahkan hadiah dorprize utama kepada Kel A Purba Pakpak br Sinaga.

St RK Purba P br Sitepu mendapat hadiah spesial dari Wakajati Jambi JW Purba Pakpak.


St RK Purba Pakpak saat mencoba menyalakan mobil Xenia yang dihibahkan sebagai Mobil Pelayanan GKPS Resort Jambi.


St RK Purba Pakpak-P br Sitepu bersama anak serta menantu dan cucu.

St RK Purba Pakpak.

St RK Purba, inang P Br Sitepu, Petrus Purba dan cucu serta pengurus GKPS Resort Jambi foto bersama.
St RK Purba-P br Sitepu dan keluarga foto bersama dengan para Pendeta dan Pengurus GKPS Resort Jambi.

VG Persekutuan Mak Echa dan Mak Samuel.
VG Wanita GKPS Tanah Kanaan Jambi.Foto-foto Asenk Lee Saragih-HP 0812 747 7587

No comments: