Senin, 20 Mei 2013

KPU Kota Jambi Undi Nomor Urut Pasangan Cawako

Bambang Priyanto No Urut 1
Sum Indra Nomor Urut 2
SY Fasya Nomor Urut 3

Efendi Hatta Nomor Urut 4
Jambi, Beritaku

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi akan melakukan pencabutan undian nomor urut pasangan calon walikota setelah menetapkan empat pasangan calon dalam rapat pleno KPU Kota Jambi, Selasa kemarin. Pencabutan undian itu akan dilakukan Sabtu 18 Mei 2013 di KPU Kota Jambi.

Ketua KPU Kota Jambi, Ratna Dewi, Rabu (15/5/13) mengatakan, KPU Kota Jambi telah menetapkan empat pasangan kandidat calon walikota dan wakil walikota Jambi yang memenuhi persyaratan.

Disebutkan, berdasarkan pleno KPU Kota Jambi sudah memutuskan tidak ada permasalahan administrasi ke empat pasangan kandidat yang sudah mendaftar. Begitu juga dari hasil tes kesehatan juga tidak ada masalah.

Setelah menetapkan persyaratan administrasi tidak ada masalah, maka pada 18 Mei 2013 nanti akan dilakukan penetapan pasangan calon walikota dan wakil walikota. Pada penetapan nanti sekaligus pencabutan nomor urut calon.

Empat pasangan calon Walikota Jambi Periode 2013-2018 itu yakni pasangan Sum Indra dan dr. Maulana (Nomor Urut 2), Effendi Hatta, SE dan Drs. H Asnawi AB, MM (Nomor Urut 4), H.Syarif Fasha, ME dan Drs.H. Abdullah Sani, M.Pd.I (Nomor Urut 3) dan pasangan Bambang Priyanto dan Yeri Nuthalib (Nomor Urut 1).

Pasangan Sum Indra dan dr. Maulana didukung 5 (lima) Partai Politik Kota Jambi Hasil Pemilu Tahun 2009, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), dengan total Persentase Perolehan Suara Sah Parpol tersebut 46.600 Suara Sah (20,08%) dan/atau Persentase Perolehan Kursi DPRD Parpol tersebut 7 Kursi (15,56%).

Kemudian pasangan Effendi Hatta, SE dan Drs. H Asnawi AB, MM didukung dua Partai Politik Kota Jambi Hasil Pemilu Tahun 2009, yakni Partai Demokrat (22,22%) dan Partai Hanura (8,89%) dengan total Persentase Perolehan kursi 31,11%.

Selanjutnya pasangan H.Syarif Fasha, ME dan Drs.H. Abdullah Sani, M.Pd.I di dukung tujuh partai yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Barnas dan Partai Indonesia Sejahtera (PIS), dg total Suara Sah Hasil Pemilu Tahun 2009 yakni 71.538 (30,83%) dan/atau 16 kursi DPRD Kota Jambi (35,56%)

Sementara pasangan Bambang Priyanto dan Yeri Nuthalib didukung dua partai yakni Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa dengan persentase perolehan kursi pada pemilihan legislatif 2009 PKS 11,11% dan PKB 4,44 % dengan total persentasi jumlah 15,56 %.

Ada 18 Partai Politik Kota Jambi Hasil Pemilu Tahun 2009, yang tidak memberikan dukungan secara tertulis kepada empat bakal pasangan calon walikota dan wakil walikota Jambi yang telah mendaftar ke KPU Kota Jambi.

Partai tersebut yakni PPPI ,PPRN, PKPI, PKBIB/PPIB, P Kedaulatan, PPI,PNI-M,PKP,PMB,PPDI,PRN,PDS,PNBKI, P Patriot, PKDI, PKNU, P Buruh, P Merdeka total Perolehan Suara Sah ke delapan belas partai politik tersebut adalah 30.621 atau 13,20%.Srg

Tidak ada komentar: