Minggu, 02 Desember 2012

Sekda Minta Tingkatkan Kompetensi Bazda

Sekda Provinsi Jambi Ir Syahrasaddin MSi
Jambi, Beritaku

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Ir. Syahrasaddin, M.Si membuka Pelatihan Akuntansi Zakat Bazda se Provinsi Jambi, Jum’at (30/11) bertempat di SMKN 4 Jambi. Peningkatan kualitas SDM dalam kepengurusan Bazda  merupakan hal pokok  yang berdampak terhadap kinerja Bazda yang dalam tujuannya membantu dan menyalurkan hak Fakir Miskin atau kaum Duafa.

“Dengan pelatihan tersebut Sekda berharap dalam pelaporan dan transparansi keuangan semakin baik. Agar pengumpulan dilakukan  secara benar dan terukur,” ujar Sekda.

Profesionalitas Bazda dalam mengumpul dan menyalurkan dana menurut Sekda harus melalui pelatihan yang baik sehingga segala bentuk pelaporan dan pertanggungjawabannya  terukur.

Disebutkan, SDM harus kita latih akuntansinya, kita ketahui jika pengumpulan dana zakat masuk keluarnya tidak jelas,kita tidak mampu mempertanggungjawabkan kedepan.

Bentuk tanggung jawab Bazda dalam pekerjaannya berupa Bedah Rumah, memberi santunan kepada seribu KK, membantu orang sakit,bahkan Sekda berharap pengumpulan dana dapat ditingkatkan lagi melalui himbauan dan penyediaan kotak Zakat di setiap SKPD.

“Sediakan kotak di setiap SKPD, ini membantu bagi mereka yang mau memberi zakatnya, Pegawai Pemrov Jambi ada enam ribu lebih kalau semuanya berzakat di Bazda maka akan terkumpul dan kurang lebih 3,4 Milyar pertahun, begitu juga dengan Kota Jambi yang mempunyai delapan ribu orang guru jika disatukan zakatnya  dapat membantu kaum Duafa di daerah Kota Jambi,” ujar Sekda.

Sekda  juga memberi himbauan kepada perusahaan maupun BUMN yang beroperasi di Jambi  dapat menyalurkan Zakatnya di Provinsi Jambi, pengumpulan dan penyaluran  zakat sesuai tempat jauh lebih baik untuk menghindari kecemburuan social.

“Tahun lalu kita sudah surati perusahaan yang beroperasi di Jambi, mereka masih menunggu jawaban dari Pusat (Kantor Pusat masing-masing perusahaan), namun tahun ini akan kita coba lagi untuk mengirim surat himbauan pembayaran zakat,”kata Sekda. (Asenk Lee Saragih)

Tidak ada komentar: