Minggu, 15 Januari 2012

Jelang Kunjungan SBY Ke Jambi, Jalan Mulai di Tambal Sulam

Jambi, Batak Pos

Menjelang kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Hari Pers Nasional (HPN) di Jambi 9 Februari 2012 mendatang, Dinas PU Kota Jambi dan PU Provinsi Jambi sibuk menambal sulam jalan di Jambi.

Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) Kamis (12/1) mengatakan, Dinas PU Provinsi Jambi dan Kabupaten Muarojambi dan Kota Jambi diminta untuk memuluskan jalan yang dilalui kunjungan SBY nantinya.

Gubernur mengatakan untuk persiapan saat ini sudah cukup matang. Tinggal lagi memperbaiki jalan-jalan yang akan dilintasi presiden. “Ya tinggal jalan lagi yang akan kita perbaiki, mana yang rusak dan berlobang akan kita perbaiki,” katanya.

Dikatakan, persiapan perbaikan jalan dan persiapan kawasan yang akan dikunjungi presiden ini diperkirakan akan siap beberapa hari sebelum presiden berkunjung ke Jambi. Nantinya, di lokasi yang akan dikunjungi presiden ini tidak semua mobil diperkenankan masuk.

Hasan Basri Agus, mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun 2011 telah membuat Feasibility studi dan DED 2 (dua) Fly Over Jelutung dan Tugu Juang Jambi.

Secara terpisah, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Dr Hermanto Dardak, MSc saat kunjungan ke Jambi, Sabtu pecan lalu mengatakan, pada anggaran 2012 ini Jambi mendapatkan kucuran dana senilai Rp 1,13 trilyun, jauh lebih besar dibandingkan pada 2010 yang hanya Rp 676 milyar.

“Melihat kondisi infrastruktur di Jambi, menjadi pertimbangan untuk menambah alokasi dana untuk perbaikan infrastruktur, terutama ke sentra-sentra produksi dan hal ini bukan hanya pembangunan jalan, tetapi menyangkut perbaikan, perawatan juga pendirian irigasi dan penyediaan air bersih terutama di daerah Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat dan Muaro Jambi. Hal itu karena infrastruktur menjadi faktor penting bagi kemajuan ekonomi,”katanya.

Disebutkan, kerusakan jalan menjadi hambatan dalam pembangunan ekonomi, dan PU Pusat sangat mendukung kebijakan Gubernur Jambi ketika yang memberlakukan batas tonase kendaraan yang akan melewati jalan-jalan di Provinsi Jambi.

“Hal yang penting bagaimana ke pusat-pusat industri dan pemasaran dan ekspor ini betul-betul baik, kita melihat bahwa Lintas Timur Sumatera yang melewati Jambi itu adalah jalur yang cukup padat sekitar 80% melewati itu yang menghubungkan dengan lintas tengah dan lintas utara itu melewati Jambi tentunya sistem nasional ini yang melewati Jambi penting untuk menjadi prioritas,”kata Hermanto Dardak. RUK

Tidak ada komentar: