Kamis, 15 September 2011

Kebakaran Lahan di Jambi Meluas

Jambi, BATAKPOS

Kebakaran lahan di sejumlah wilayah Kabupaten Muarojambi, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur terus meluas menyusul tidak turunnya hujan selama sebulan terakhir. Seluas 11.500 hektare HTI (hutan tanaman industri), Tahura serta areal perkebunan milik perusahaan maupun perorangan di Kecamatan Kumpeh Ilir, Marosebo, Muarojambi terbakar.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Hasvia di Jambi, Selasa (13/9) mengatakan, titik api kian bertambah dari sebelumnya hanya 10 titik api saat ini menjadi 16 titik api di Muarojambi.

Sejauh ini Petugas Manggala Agni berupaya memadamkan kebakaran. Petugas juga dibantu dinas kehutanan setempat dengan memberdayakan alat pemadam dari Dinas Damkar Kabupaten Muarojambi.

Menurut Hasvia, titik api baru muncul di Tanjab Barat. Diduga berasal dari loncatan api bekas lokasi kebakaran yang berhasil dipadamkan terlebih sebelumnya. Saat ini setidaknya terpantau 3 titik api baru.

Disebutkan, api menghanguskan puluhan hektare lahan yang ada di Betara 10. Sebelumnya ada ratusan lahan yang terbakar yang terpusat di 3 lokasi titik api yang juga di sekitar Kecamatan Betara, sudah selesai dipadamkan. ruk

Tidak ada komentar: