Senin, 01 November 2010

Intelejen Daerah Diminta Jaga Situasi Nasional

Jambi, BATAKPOS

Intelejen daerah sangat dibutuhkan dalam menjaga situasi Nasional yang jauh dari tindakan-tindakan anarkisme serta perpecahan NKRI. Komunitas Intelijen Daerah (KOMINDA) diharapkan memelihara keamanan, ketentaram dan ketertiban masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur H.Fachrori Umar, saat membuka Rapat Koordinasi Komunitas Intelijen Daerah (KOMINDA) Provinsi Jambi, di Ruang Pola Gubernur Jambi, Jum’at (29/10).

Disebutkan, Rakor KOMINDA memiliki makna penting dan strategis, sejalan dengan perkembangan situasi nasional yang akhir-akhir ini cukup memprihatinkan.

Seperti peristiwa yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia menyangkut aksi-aksi terorisme, perampokan bersenjata, teror dan berbagai konflik dalam masyarakat yang menunjukkan eskalasi meningkat, yang menjurus kepada terganggunya keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat, serta memerlukan perhatian, dan penanganan terpadu, dan terkoordinir pada setiap tingkatan.

Dikatakannya, sesuai dengan Permendagri Nomor 11 tahun 2006 tentang Komunitas Intelijen Daerah (KOMINDA), secara tegas pasal 2 menekankan bahwa peran penyelenggaraan KOMINDA merupakan tugas dan tanggung jawab Gubernur dan Bupati/Walikota sebagai kepala daerah, dengan demikian perangkat KOMINDA harus memiliki pemahaman yang sama dalam melihat persoalan yang timbul ditengah masyarakat termasuk langkah penanganannya. ruk

Tidak ada komentar: