Kamis, 25 Maret 2010

Kerugian Banjir Bandang Sungai Penuh mencapai Rp 800 Miliar

Jambi, BATAKPOS

Kerugian akibat banjir banding yang melanda Kota Sungai Penuh, Kerinci, Provinsi Jambi, Minggu (14/3) hingga Selasa (16/3) menyebabkan kerugian sekitar Rp 800 miliar.

Data dari Pemkot Sungai Penuh melaporkan kerugian sementara akibat musibah ini adalah sedikitnya 50 unit rumah hanyut, 200 rumah rusak, 10 unit jambatan rusak, 16 jaringan irigasi hancur, dinding penahan tebing ambrol sepanjang enam kilo meter serta menghancurkan jalan kota dan provinsi sepanjang puluhan kilo meter.

Demikian dikatakan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, M Taufik kepada wartawan di Jambi, Selasa (16/3). Menurutnya, dari laporan Dinas Pertanian Kota Sungai Penuh, setidaknya terdapat 52 hektare lahan sawah fuso alias gagal panen. Selain itu, sekitar 283 hektare lahan sawah terancam gagal panen, dan sekitar 500 hektare lainnya terendam.

“Data tersebut baru data sementara. Selain menyebabkan kerugian materil, banjir bandang di Kota Sungai Penuh, Kerinci, Jambi, juga menelan korban jiwa. Hermayanti (31) dilaporkan tewas karena terkejut dengan musibah banjir bandang yang menghantam kediamannya,”katanya.

Kemudian delapan orang warga dilaporkan mengalami luka-luka dan 200 orang berobat mendapat perawatan. Pemkot Sungai Penuh memperkirakan dibutuhkan dana untuk menanggulangi bencana longsor dan banjir bandang ini sebanyak Rp 800 miliar.

Disebutkan, dampak banjir banding di Sungai Penuh lebih parah dibandingkan dengan gempa bumi yang melanda Kota dan Kabupaten Kerinci pada Oktober 2009 lalu. Walikota Sungai Penuh mengharapkan pemerintah pusat bisa segera memberikan bantuan bencana alam bagi Kota Sungai Penuh. “Walikota Sungai Penuh sudah melaporkan hal ini kepada Gubernur Jambi," katanya.

Pemerintah Provinsi Jambi juga akan mengirimkan bantuan sandang pangan kepada para korban. Bantuan dikirimkan Selasa (16/3) sore menuju Kerinci. Pemerintah Provinsi Jambi juga mengharapkan bantuan dari Pemerintah Pusat segera turun. ruk

Tidak ada komentar: