.

.
.

Jumat, 05 September 2014

Jawa Timur Bertekad Juara di MQKN ke-V di Provinsi Jambi

Peserta Kontingen MQKN Jawa Timur

Peserta Lomba MQKN
Pertahankan Juara Umum

JAMBI - Kontingen Jawa Timur yang mengirim 46 orang peserta dalam Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) Tingkat Nasional ke–V yang diselenggarakan di Provinsi Jambi bertekad untuk juara umum. Kontingen MQKN Jawa Timur optimis bisa meraih juara pada MQKN ke-V ini.

Musabaqah Qira’atil Kutub Tingkat Nasional diselenggarakan di Ponpes As'ad Olak Kemang Kota Jambi diikuti 33 provinsi.  Jawa Timur merupakan kafilah yang cukup  banyak  membawa peserta. “Mulai MQK pertama sampai ke-IV di NTB, Alhamdulillah kita juara umum," kata Abdul Karim, Pembina kontingen Jatim kepada Harian Jambi, Kamis (4/9).

Menurut Abdul Karim, pada MQK ini, pihaknya masih optimis untuk mempertahankan jura umum. “Kita berusaha sekuat tenaga dengan memberikan pembinaan-pembinaan kepada santri untuk dengan mengahdirkan guru-guru besar PTAIN ke pesantren kita untuk membina santri-santri kita. Hal itu agar pada MQK kali ini kita tetap jadi juara umum,” katanya.


Sementara itu salah satu santri peserta dari Jawa Timur yang mengikuti cabang Fiqih Wostho kepada Harian Jambi mengatakan, dalam mempersiapkan diri untuk mejadi juara pihak pesantren telah mengadakan pelatihan sebanyak dua kali.


“Untuk menguatkan mental para pesarta yang kan dikirim ke MQKN dilakukan dengan menghadirkan para kiai untuk memberikan pembekan kepada kita," katanya.

Ditambahkan, untuk menjadi juara setidaknya pihaknya harus menguasi materi dan terus belajar untuk memahami setiap poin-poin ada dalam buka yang telah diberikan. “Kami lakukan untuk menjadi juara adalah dengan menguasai materi dan mempersiapkan mental dengan banyak membaca buku-buku Fiqih, dan yang paling utama kami selalu berdoa agar biasa keluar jadi pemenang," katanya.


Disebutkan, sebelum di kirim ke MQK tingkat nasional diadakan seleksi antar pesantren per kabupaten. Kemudian yang jadi pemenang dikirim untuk mengikuti MQK tingkat provinsi yang menjadi juara satu dikirim untuk mewakili jawa timur ke tingkat MQK tingkat nasional.


“Sebelum mewakili Jawa Timur diakan dua tahapan seleksi yang menjadi pemenang tingkat provinsi dialah yang mewakili untuk ikut MQK tingkat nasional," katanya.


Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya akan mempertahankan juara umum yang telah diperoleh sebanyak 4 kali. Dengan kesiapan yang dimilikinya pihaknya optimis akan memenjadi juara umum pada MQKN ke-V. “Dengan persiapan yang ada kami siap pertahankan juara umum MQK Tingkat Nasional di Provinsi Jambi," katanya. (khr/lee)

Tidak ada komentar: