Kamis, 11 April 2024

Mendiang Irjen Pol Drs Muchlis AS MH Dimakamkan di Taman Pahlawan Thehok Jambi


BERITAKU
– Gubernur Jambi, Al Haris, memastikan bahwa Kapolda Jambi Periode 5 Januari 2018- Februari 2020) Inspektur Jenderal (Purn) Drs H Muchlis AS MH bin Abdul Somad, yang meninggal dunia pada Rabu (10/4/2024), akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Jambi. Keputusan tersebut diambil berdasarkan pesan terakhir almarhum yang disampaikan melalui putranya sebelum almarhum memasuki ruang ICU.

Masyarakat Provinsi Jambi berduka atas meninggalnya mantan Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlis AS MH, Rabu (10/4/2024) pukul 23.42 WIB di Rumah Sakit Bayangkara Jambi. Jenazah dibawa ke rumah duka Komplek DPR Telanaipura Kota Jambi.

"Innalillahi wainna ilaihirojiun. Telah meninggal dunia Bpk Irjen Pol (Pur). Drs. H. Mukhlis AS, MH (Mantan Kapolda Jambi). Pada hari  Rabu tanggal 10 April 2024 pukul 23.42 WIB di RS. Bayangkara Jambi. Jenazah dibawa ke rumah duka Komplek DPRD Telanaipura Jambi,a'demikian kabar duka di group WhatsApp terbatas.


Almarhum Irjen  Pol Drs Muchlis AS MH adalah seorang Purnawirawan Polri yang terakhir menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Muchlis, lulusan Akpol 1987 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhirnya adalah Kepala Kepolisian Daerah Jambi.

Mendiang lahir 5 Mei 1962 di Desa Terusan, Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Wafat Rabu 10 April 2024. Selamat Jalan Jenderal. 

Ketua Wilayah Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd menyampaikan Belasungkawa atas Tutup Usia mantan Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlis AS  MH. Mendiang pernah hadir dan mendapat Sematan Ulos dari PPTSB Provinsi Jambi.

Terpisah, Gubernur Al Haris mengatakan, dirinya telah berkoordinasi dengan Kepala Kepolisian Daerah Jambi terkait pemakaman almarhum. “Sesuai dengan pesan beliau yang disampaikan oleh putra beliau kepada saya, almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Thehok, Jambi. Kami telah berkoordinasi dengan Kapolda Jambi mengenai hal ini,” ujar Al Haris.

Rencana pemakaman di Taman Makam Pahlawan menunjukkan penghormatan terhadap jasa-jasa almarhum selama hidup, baik sebagai mantan Kapolda Jambi maupun dalam berbagai peran lain yang telah beliau jalankan demi kebaikan masyarakat dan negara. Taman Makam Pahlawan Thehok, sebagai lokasi pemakaman, merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi para pahlawan dan tokoh masyarakat yang telah berjasa.

“Ini merupakan bentuk penghormatan kita semua terhadap jasa-jasa beliau. Semoga dengan pemakaman di Taman Makam Pahlawan ini, kita semua dapat mengingat kembali pengorbanan dan dedikasi almarhum terhadap bangsa dan negara," ujar Al Haris.

Prosesi pemakaman diharapkan dapat dilaksanakan dengan penuh penghormatan dan sesuai dengan protokol yang berlaku, mengingat status almarhum sebagai tokoh yang dihormati di Jambi dan lingkungan kepolisian. Masyarakat Jambi, termasuk rekan-rekan sejawat dan keluarga besar Polri, diharapkan dapat memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum dengan mengikuti prosesi pemakaman tersebut.

Pemakaman di Taman Makam Pahlawan juga diharapkan menjadi kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk merefleksikan kembali nilai-nilai kepahlawanan dan pengabdian tanpa batas kepada negara yang telah dicontohkan oleh almarhum semasa hidupnya.

Gubernur Jambi Al Haris dan seluruh masyarakat Jambi menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian Inspektur Jenderal (Purn) Drs H Muchlis AS MH bin Abdul Somad. Semoga almarhum diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan serta ketabahan dalam menghadapi musibah ini.

Sosok Muchlis Dimata Edi Purwanto

Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi Edi Purwanto mengucapkan turut duka cita yang mendalam. Edi Purwanto menyampaikan bahwa almarhum Muchlis AS merupakan salah satu putra terbaik Jambi yang memiliki dedikasi tinggi terhadap tanah kelahirannya. 

“Almarhum adalah salah satu putra terbaik Jambi yang telah memberikan kontribusi besar dan tidak terlupakan. Banyak kenangan indah saat kami bekerja bersama sebagai bagian dari Forkopimda Provinsi Jambi,” ujar Edi Purwanto.

Menurut Edi Purwanto, semangat almarhum dalam mengayomi dan memajukan Jambi patut dijadikan teladan. “Cintanya kepada Jambi luar biasa. Dalam setiap kesempatan, almarhum selalu menunjukkan dedikasi yang tinggi untuk kemajuan daerah ini,” tambahnya. 

Lebih lanjut, Edi Purwanto mengungkapkan bahwa dukungan almarhum terhadap generasi muda Jambi sangat besar, termasuk dukungan yang pernah ia rasakan secara pribadi.

Berbagai Tokoh Agama, Tokoh Politik, Masyarakat, Ormas, Aktivis, Pers ikut berbelasungkawa atas berpulangnya  Irjen Pol Drs Muchlis AS MH, Kapolda Jambi pertama berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen Pol) Polisi. Mendiang Irjen Pol Drs Muchlis AS MH dikenal sangat dekat dengan berbagai kalangan masyarakat. (J24-Red)   










Tidak ada komentar: