Sabtu, 15 Februari 2014

Cap Go Me Di Jambi Dipusatkan di Kelenteng Hok Kheng Tong

Seorang umat tengah melakukan persiapan sesaji untuk perayan Cap Go Meh 2565 di kelenteng Hok Kheng Tong.Foto Asenk Lee
Kota Jambi - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kelenteng Hok Kheng Tong yang beralamat di Lorong Koni I, Jelutung, dekat perusahaan Kopi AAA ini, akan menjadi pusat perayaan Cap Go Me orang Tionghoa. 

Kelenteng itu kini tengah disolek oleh umat dan pengurus untuk merayakan ritual 15 hari pasca Tahun Baru Imlek 2565 yang bershio Kuda Kayu dalam sistem penanggalan Cina atau yang bertepatan dengan tanggal 14 Februari 2014.   

Majelis Tinggi Agama Konghucu (Matakin) Provinsi Jambi juga mempersiapkan Kelenteng Hok Kheng Tong sebagai pusat ritual Cap Go Meh dengan berbagai kegiatan. Acara ritual dimulai pukul 18.00 WIB Jumat ini. 

Menurut Hasan (60) pengurus Kelenteng Hok Kheng Tong Jambi, petugas kelenteng kini tengah mempersiapkan kebutuhan untuk ritual Cap Go Me nanti malam. 

Disebutkan, segala kebutuhan untuk sembahyang di Kelenteng Hok Kheng Tong sudah dipersiapkan. Persiapan Ritual Naik Tandu dengan melayangkan Dewa Api sudah disiapkan. 

“Susah menjelaskan untuk persiapan Cap Go Me. Lebih baik datang aja nanti malam mulai pukul 18.00 WIB, baru melihat secara langsung ritualnya. Kami sejak pagi hingga siang ini baru mempersiapkan kebutuhan untuk sembahyang,” ujar Hasan. 

Sementara itu, sejumlah umat Konghucu juga melakukan ritual doa rutin di kelenteng tersebut. Tampak juga sejumlah sesajen ritual berupa ragam buah, makanan untuk dipersembahkan kepada dewa. 

Pengamatan Harian Jambi menunjukkan, sejumlah orang membentuk dua bulatan besar dengan meletakkan peralatan berupa lembaran-lembaran sembahyang dengan bulat. Kemudian ada juga panggung disiapkan, dan pemasangan umbul-umbul se sekeliling dan jalan menuju Kelenteng Hok Kheng Tong. 

Keberadaan Hok Kheng Tong itu juga dekat dengan usaha Hidayat, seorang tokoh etnis Tionghoa dan juga pengusaha Kopi AAA di Jambi. Keberadaan Hok Kheng Tong juga tidak terlepas dari perhatian Hidayat selaku tokoh etnis Tionghoa di Jambi. 

Sejumlah baliho dan spanduk ucapan Cap Go Me dari Caleg juga ada terpasang di sekitar kelenteng tersebut. Momen perayaan Cap Go Me tak luput dari perhatian caleg untuk mensosialisasikan diri mereka. (*)Harian Jambi 

Penulis: Rosenman Manihuruk
Editor: Nurul Fahmy
 

Tidak ada komentar: