Kamis, 30 Mei 2013

Pemprov Jambi Raih Predikat WTP








 

Jambi, Bute Ekspres

Pemerintah Provinsi Jambi meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2012. Predikat WTP itu atas kerjasama semua pihak baik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Eksekutif dan Legislatif.

LHP diserahkan langsung Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Dr. Rizal Djalil kepada Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus dalam Rapat Paripurna Istimewa Penyerahan (LHP) atas LKPD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2012, Selasa (28/5), bertempat  DPRD Provinsi Jambi.

“Kita bersyukur Provinsi Jambi dapat WTP. Program kita ini sudah lama, bahkan tahun lalu saya berpikir sudah dapat WTP, ternyata belum, namun tahun ini dapat WTP. Ini adalah motivasi. Ini kerja semua, terutama pihak staf, legislative dan eksekutif. Tanpa semuanya mendukung tidak mungkin ini terjadi,”kata H Hasan Basri Agus kepada pers.

Disebutkan, ada beberapa hal bernasib baik karena Pemprov Jambi akan mendapat insntif dari Pusat kurang lebih Rp 63 Miliar. “Mudah-mudahan ini terwujud sehingga dapat tambahan dana untuk perbaikan jalan di Provinsi Jambi untuk kepentingan rakyat banyak. Dan saya juga ucapkan selamat kepada empat kabupaten kita yang meraih predikat WTP. Yakni Kabupaten Muarojambi, Kota Sungai Penuh, Batanghari dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur,”katanya.

Kepemimpinan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus dan Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar untuk meraih predikat WTP banyak mengalami hambatan dan kendala, namun kerja keras Gubernur Jambi HBA bersama jajaran memperoleh hasil  untuk mewujudkan sistem keuangan/administrasi pemerintahan yang baik.

“Allhamdulillah kita meraih Predikat WTP, program kita ini sebenarnya sudah tiga tahun,” ungkap HBA. Predikat WTP dalam sistem Pemerintahan berkaitan dengan tata kelola keuangan yang merupakan salah satu instrument keberhasilan dalam pembangunan.

Kata HBA, kendala yang menyebabkan lamanya Pemerintah Provinsi Jambi meraih predikat WTP diakui HBA terkait dengan permasalahan aset, sehingga sewaktu pertama menjabat Gubernur Jambi  HBA membentuk Biro Aset yang secara khusus dan fokus menyelesaikan permasalahan yang ada.

Sementara Dr. Rizal Djalil menyampaikan, predikat WTP yang diperoleh Pemerintah Provinsi Jambi merupakan bentuk kerjasama yang baik antara legislastif dan eksekutif.

“Selamat kepada Pemerintah Provinsi Jambi dan DPRD yang telah berjuang, bekerja keras menyelesaikan persoalan aset, harapan saya opini ini harus dipertahankan,” kata Rizal Djalil.

Disebutkan, mempertahankan predikat WTP, harus sesuai dengan aturan, sehingga tata kelola keuangan berjalan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. “Melaksanakan aspek tata kelola keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” lanjutnya.

Menurut Dr. Rizal Djalil, predikat WTP memberi keuntungan dalam percepatan pembangunan di Daerah, ketergantungan terhadap dana APBN akan berkurang mengingat Pemerintah Daerah yang telah meraih Predikat WTP bisa menerbitkan Obligasi yang bisa ditawarkan kepada pihak luar maupun investor dalam negeri untuk membangun daerah sesuai dengan potensi yang ada.

“Pemda Jambi dapat menerbitkan Obligasi yang bisa dipasarkan bukan hanya dalam negeri. Kita punya potensi Sumber Daya Alam, itu merupakan keuntungan meraih WTP,”katanya. srg

Tidak ada komentar: