Selasa, 26 Juni 2012

Perayaan HUT Ke-25 GBKP Jambi Bersahaja

 HUT GBKP Jambi : Pdt Perlindungan Pinem (ketiga dari kiri paling belakang) Pdt Dharma Ginting (ke empat paling kiri belakang) foto bersama dengan Para Majelis, Panitia dan di depan GBKP RG Jambi, Minggu (24/6) dalam rangka HUT ke 25 GBKP RG Jambi. Foto batakpos/rosenman manihuruk
  
Jambi,  BATAKPOS

Perayaan dan kebaktian syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke 25 (28 Mei 1987-28 Mei 2012) Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Rukun Gereja (RG-Resort) Jambi, Klasis (Distrik) Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Sabtu-Minggu (23-24/6) berjalan sukses dan bersahaja. Perayaan diawali dengan Kebaktian Janji Iman Sabtu (23/6). Kemudian kebaktian raya dan hiburan pada Minggu (24/6).

Ibadah “Janji Iman” dirangkai dengan ucapan selamat, ibadah pembuka, pujian dan kata sambutan, makan bersama, kebaktian Janji Iman dan hiburan. Ibadah pembuka dibawakan Pdt Perlindungan Pinem STh. Kemudian kebaktian Janji Iman dengan Kebaktian Kebangunan Iman (KKI) dibawakan Pdt Dharma Ginting SPd STh.

Kebaktian itu dihadiri sekitar 300 jemaat GBKP RG Jambi serta dimeriahkan Band Permata Jambi dan “Silaugogoh Group”. Hiburan dibawakan jemaat GBKP Jambi yang memiliki talenta menyanyi dan bermusik. Sementara MC acara oleh Penatua (Pt) Bp Yoas Tarigan.

Pdt Dharma Ginting SPd STh dalam kotbahnya mengisahkan perjalanan Abram ke tanah yang ditunjukkan Allah padanya (Kejadian 12: 1). Dirinya juga mengharapkan agar jemaat GBKP Jambi dapat menjadi garam dan terang bagi sekitarnya.

Menurutnya, jemaat GBKP Jambi yang telah mensyukuri berkat dan Firman Tuhan hingga bisa merayakan HUT GBKP RG Jambi ke 25 tahun. Dirinya juga berharap agar jemaat GBKP selalu berderma kepada gereja dan sesama karena berkat itu berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Usai kotbah, dilanjutkan dengan penyerahan Janji Iman berupa struk isian yang dilengkapi dengan amplop khusus yang disiapkan Panitia Pelaksana PPJ Korinti. Setelah kebaktian dilanjutkan dengan malam hiburan semalam di Tanah Karo dengan lagu-lagu daerah Karo yang dibawakan Band Permata Jambi dan “Silaugogoh Group” dengan meriah.

Puncak acara HUT ke 25 GBKP RG Jambi diawali dengan ibadah raya, Minggu (24/6) yang dibawakan Pdt Pelindungan Pinem dan kotbah oleh Pdt Dharma Ginting. Nats kotbah diambil dari Job 38: 1-11 dengan Thema “Kuasa Dibata Ia tersipati”.

Usai kebaktian dilanjutkan dengan menyayikan lagu ulang tahun serta pemotongan kue ulang tahun yang diberikan kepada pelaku sejarah GBKP Jambi dan Pdt P Pinem dan Pdt Dharma Ginting, Ketua Rungguh, Ketua Panitia, Pengurus PPJ, Pengurus Lembaga Katergorial.

Kemudian diselingi kata sambutan dari Ketua Panitia, Jemaat/Sesepuh dan BP Runggun/ PKPW RG Jambi. Dilanjutkan pemberian hadiah lomba antar sektor (Korinti, Tesalonika, Filipi, Galatia, Efesus, Roma dan Kolose) berupa lomba catur, balap karung, masukkan belut dalam botol, lomba bawa air dijunjung (Jujun Lante-red) serta pengumuman juara umum dan penyerahan trophy dan doa penutup.

Sejarah Singkat

Ketua Majelis GBKP Jambi, Penatua (Pt) Bp Joni Sembiring didampingi Pdt Perlindungan Pinem STh mengatakan, kini jumlah jemaat GBKP Jambi sekitar 300 kepala keluarga (KK) yang terbagi dalam 7 sektor (Korinti, Tesalonika, Filipi, Galatia, Efesus, Roma dan Kolose).

Menurut Pt Bp Joni Sembiring, berdasarkan keterangan dari nara sumber selaku pelaku sejarah berdirinya GBKP Jambi (Bp Ginta Perangin-angin, Pt Em Bp Lily Ginting dan Pt Bp Maria Barus), sejarah kira-kira awal Mei 1987 Bp Mejid Surbakti membawa surat dari GBKP Rg Palembang yang ditujukan kepada Bp Ferdinand Sembiring (Broni), Bp Titin Ginting dan Bp Ginta Perangin-angin.

Isi surat itu agar di Jambi dibuat kebaktian minggu. Pada 13 Mei 1987 diadakan pertemuan untuk membicarakan surat dari Palembang tersebut. Hasil pertemuan itu terbentuk panitia pembangunan GBKP Jambi.

Susunan pengurus yakni Ketua Bp Mejid Surbakti (K.U.Surbakti) yang kini menjabat Bupati Karo, Sekretaris Bp Maria Barus, Bendahara Dharma Karokaro. Dukungan dari  Bp DD Sinulingga (Danrem Garuda Putih 042 Jambi) saat itu juga tidak terlepas dengan keberadaan GBKP Jambi.

Peletakan batu pertama GBKP Jambi pada 1 Oktober 1989 dan Ditabbiskan (Resmikan) 20 Mei 1993. Pada akhir Nopember 1987, saat itu pelaksanaan Sidang Klasis di Caringin Bogor, GBKP Jambi ditetapkan menjadi Runggun si kuh.

Dalam proses pembentukan GBKP Rg Jambi, Bp Pembina Sitepu ikut membantu Pengurus Perpulungen GBKP Jambi dalam membangun GBKP Rg Jambi. Kemudian pada Desember 1987 Bp Pembina Sitepu dilantik menjadi Pertua oleh Pdt Ezra Bukit, sehingga Majelis GBKP Rg Jambi menjadi 5 Pertua dan 3 Diaken.

Selanjutnya Desember 1987 dilaksanakan Natal pertama di GBKP Rg Jambi yang diketuai Pt Bp Pembina Sitepu. Jumlah yang hadir saat itu mencapai 400 orang lebih. Pada 28 Mei 1988 dilaksanakan kegiatan pengumpulan dana untuk membeli lahan tapak gereja di Kotabaru (GBKP Jambi sekarang).

Menurut Pt Bp Joni Sembiring, setelah 25 tahun berlalu, GBKP Rg Jambi berkembang pesat. Jumlah anggota mencapai 300 KK terdiri dari 7 sektor. Majelis berjumlah 25 Pertua, 15 Diaken, 3 Pertua Emeritus, 1 Pdt Emeritus dan 1 PKPW.

Kemudian enam daerah PI yang dulunya dilayani GBKP Rg Jambi telah ditetapkan menjadi Rungguh sikuh yaitu Runggun Suban (Kab Tanjabar), Runggun KM 46 (Kab Muarojambi), Runggun Sungai Bahar (Kab Muarojambi), Runggun Muarobungo.

Ditambah daerah PI yang masih menjadi Bakal Jemaat (BAJEM) yaitu Perpulungan Merlung (Kab Tanjabar), Perpulungan Simpang Kiri (Kab Tanjabtim), Perpulungan Pancoran (Kab Musi Bayuasin Palembang), Perpulungan Bangko. RUK







 Pdt Dharma Ginting



Foto-foto Rosenman Manihuruk (Asenk Lee Saragih) 0812 747 7587



Tidak ada komentar: