Rabu, 01 Februari 2012

AKKLINDO Diminta Percepat Atasi Kelistrikan di Jambi

Musda : Wagub Jambi Fachrori Umar memberikan sambutan pada Musda I Akklindo Provinsi Jambi Sekaligus Pelantikan Pengurus Akklindo Provinsi Jambi Periode 2012-2016, bertempat di Kerinci Room, Hotel Abadi Grand, Kota Jambi, Senin (30/1). Musda AKKLINDO ini merupakan Musda perdana di Provinsi Jambi. Foto batakpos/rosenman manihuruk

Jambi, BATAKPOS

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H. Fachrori Umar berharap agar Asosiasi Kontraktor Kelistrikan Indonesia (AKKLINDO) turut mempercepat mengatasi kelistrikan di Provinsi Jambi.
Sektor ketenagakelistrikan di Indonesia sedang dalam proses transisi dari model tradisional, dimana sistem ketenagalistrikan dikelola hanya oleh satu perusahaan, menuju suatu model yang lebih kompetitif yang memisahkan pengelolaan berbagai sistem kelistrikan.

Hal itu dikemukakan Fachrori Umar dalam Musyawarah Daerah (Musda) I Akklindo Provinsi Jambi Sekaligus Pelantikan Pengurus Akklindo Provinsi Jambi Periode 2012-2016, bertempat di Kerinci Room, Hotel Abadi Grand, Kota Jambi, Senin (30/1). Musda AKKLINDO ini merupakan Musda perdana di Provinsi Jambi.

Wagub Jambi mengatakan, proses transisi ini telah membawa dampak besar, baik pada tataran komersial maupun teknis, yang akan membuka berbagai kemungkinan solusi untuk memperoleh hasil yang optimal. “Perkembangan ini harus disikapi AKKLINDO dengan membangun citra organisasi yang baik dan profesional, sehingga mampu membawa anggotanya bersaing di era globalisasi ini,”katanya.

Dikatakan, kulitas kontraktor merupakan hal yang berpengaruh signifikan terhadap kualitas fisik konstruksi. Sertifikasi oleh AKKLINDO adalah salah satu bentuk upaya pembinaan anggota dan pengendalian pada badan usaha konstruksi agar memiliki standar kompetensi sesuai dengan yang ditentukan.

“Supaya AKKLINDO berperan serta dalam mengatasi permasalahan kelistrikan, agar rasio elektrifikasi kelistrikan di Jambi semakin meningkat, sehingga semakin banyak orang yang bisa menikmati pelayanan kelistrikan. Kita harapkan AKKLINDO meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja,”katanya.

Ketua DPP Akklindo, Ir. Leonardo Sihombing dalam sambutannya menyatakan, saat ini AKKLINDO menghadapi dualisme, yakni adanya asosiasi kontraktor versi PU (Pekerjaan Umum) dan versi Undang-Undang (UU).

Kata Leonardo Sihombing, pihaknya berharap agar pemerintah membantu menyelesaikan dualism itu. Kendati demikian, lanjut Leonardo, kontraktor kelistrikan tetap berusaha meningkatkan kualitas kerja, termasuk dalam mengatasi kelistrikan di Provinsi Jambi.

Ketua DPD AKKLINDO Provinsi Jambi, M. Faisal Amri, menyampaikan, penyelenggaraan Musda ini dimaksudkan untuk memilih pengurus yang amanah dan profesional, yang juga memiliki momitmen untuk turut memajukan Provinsi Jambi.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) Jambi yang diwakili oleh A. Somad menyampaikan ada tujuh organisasi kelistrikan di Provinsi Jambi, yang mana kehadiran organisasi kelistrikan tersebut diharapkan dapat mempercepat dan pelayanan kelistrikan di Provinsi Jambi.

Menurut A. Somad, jasa kelistrikan merupakan bagian terpenting dari public services (pelayanan publik), sama dengan air bersih. Jambi mempunyai sumber daya yang baik untuk menopang kelistrikan, yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan elektrifikasi di Provinsi Jambi. RUK

Tidak ada komentar: