Selasa, 22 November 2011

Ephorus GKPS Resmikan GKPS Resort Muarabungo

KKR : Ephorus GKPS Pdt Jaharianson Saragih saat membawakan KKR di GOR Serunai Muarabungo, Sabtu (19/11). KKR tersebut dihadiri warga GKPS dari Resort Muarabungo dan GKPS Jambi. Foto batakpos/rosenman manihuruk.

Muarabungo, Batak Pos

Ephorus (Pimpinan Pusat) Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS), Pdt Jaharianson STh Msc Phd meresmikan GKPS Muarabungo yang pisah dari GKPS Resort Jambi. Peresmian yang dipusatkan di GOR Serunai Muarabungo, Minggu (20/11) dihadiri Praeses GKPS Distrik VI Pdt Jameldin STh MA dan sejumlah pendeta se Distrik VI (Wilayah Pekanbaru). Peresmian itu juga dihadiri sekitar seribuan jemaat GKPS Resort Muarabungo, GKPS Resort Jambi dan undangan lainnya.


Peresmian ditandai dengan pelantikan Pengurus GKPS Resort Muarabungo beserta pengurus seksi-seksi (Seksi Bapa, Wanita, Pemuda dan Sekolah Minggu) tingkat Resort Muarabungo. Pengurus GKPS Muarabungo yang dilantik yakni Ketua Pendeta GKPS Resort Bungo, Pdt Paran Leo Girsang SSi, Wakil Ketua St K Sidabalok, Sekretaris St Sahdan Sumbayak, Bendahara St Jasmen Purba SPd, Anggota St J Purba dan St R Silalahi.

Peresmian diawali kebaktian yang nats kotbah dibawakan Ephorus GKPS dari Injil Matius 12 : 33-37), Votum Pdt Jameldin Sipayung, Pujian dan nats acara dibawakan secara bergantian oleh Pdt Erwin Sinaga STh, Pdt Jhon Ricky R Purba STh, Pdt Marudin Saragih Sth, Pdt Paran Leo Girsang SSi.


Pdt Jaharianson Saragih mengatakan, peresmian GKPS Muarabungo sebagai peningkatan pelayanan serta peningkatan iman jemaat. Peresmian gereja tersebut juga sebagai wujud kesaksian bahwa Yesus Kristus sebagai juru selamat.

Menurutnya, Kristen sekarang harus bisa seperti semboyan “Kristen Tomat” yakni makin tua makin berkhitmad. Dirinya juga meminta bahwa umat Kristen bukan sebagai Kristen warisan yang hanya turunan dari orang tua tanpa adanya peningkatan iman.

“Sekarang ini banyak Kristen warisan, yang hanya Kristen identitas tanpa kemurnian Iman yang mengandalkan hidupnya hanya kepada Tuhan Yesus Kristus. Saya juga berharap agar umat Kristen tidak lagi mengandalkan kuasa duniawi saat ditimpa masalah. Karena Okultisme di masyarakat Batak saat ini masih kuat, dan ini harus dikikis oleh para Pendeta dan juga para pelayan Tuhan,”katanya.

Menyinggung tentang kendala yang dihadapi umat Kristen khususnya GKPS di Provinsi Jambi yakni surat ijin membangun Gereja dan ijin beribadah, menurut Ephorus GKPS hal itu harus dihadapi dengan tetap berpengharapan kepada Tuhan Yesus.

“Pimpinan GKPS juga tetap konsisten menjalin kerjasama dengan lembaga agama lain, khususnya dengan pendekatan social. Warga jemaat GKPS dimana pun bereda harus tetap mendoakan kendala tersebut, karena Doa merupakan upaya serta pendekatan lingkungan kepada masyarakat sekitar gereja. Pendekatan emosional dan social harus juga dilakukan warga GKPS terhadap lingkungannya, khudsusnya di luar Sumatera Utara,”katanya.

Sehari sebelumnya, Sabtu (19/11) malam juga dilakukan kegiatan Kebaktian Kebangkitan Rohani (KKR) oleh Ephorus GKPS. Inti dari KKR tersebut menyebutkan bahwa warga Batak, termasuk Simalungun masih banyak yang memegang Okultisme dalam kehidupannya.

Ephorus GKPS juga mengatakan agar jemaat GKPS sukses dengan tujuh keturunan yang mewujudkan kemurnian iman tanpa adanya pegangan kenyakinan duniawi (dukun-datu).

Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt Jhon Ricky R Purba STh mengatakan, statistik GKPS Resort Jambi yakni GKPS Muarabungo 176 jiwa, GKPS Sumbersari 141 jiwa, GKPS Sukamakmur 127 jiwa, GKPS Bangko 173 jiwa, GKPS Simpang TKA 96 jiwa dan GKPS Pos PI Bangun Garingging 70 jiwa.

Acara dua hari itu juga dibungkus dengan “Marsombuh Sihol” hiburan tanah kelahiran Simalungun yang menampilkan artis Simalungun (Nisha Group), Intan br Saragih, Sabar Tondang dan Jhon Riahdo Purba Pakpak.

Selain itu juga dilakukan pencarian dana dengan lelang dan “Ulos Pamonting” Ulos Khas Simalungun serta lelang lagu Intan Saragih. Dana terkumpul dalam kegiatan itu mencapai Ratusan Juta Rupiah. RUK

Berita Dalam Gambar.



























Fotofoto Rosenman Manihuruk alias Asenk Lee Saragih. HP 0812 747 7587

Tidak ada komentar: