Sabtu, 29 Oktober 2011

Wagub Jambi Minta Jalan Sentra Pertanian Jangkat Segera Dimantapkan

Jalan Produksi Pertanian di Jangkat yang rusak parah.

Jalan Produksi Pertanian di Jangkat yang rusak parah.


Lahan Pertanian : Lahan pertanian sayur mayor dan tanaman holtikultura merupakan andalan di Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Kondisi infrastruktur yang buruk merupakan kendala petani dalam memasarkan hasil pertaniannya. Foto batakpos/rosenman manihuruk.




Jambi, Batak Pos


Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Drs H Fachrori Umar MHum meminta Dinas PU Provinsi Jambi untuk segera memantapkan puluhan kilo meter jalan sentra pertanian di Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Kondisi jalan Jangkat sudah rusak parah sejak puluhan tahun. Sementara Jangkat merupakan produsen hasil pertanian andalan Provinsi Jambi.

Hal itu dikatakan Drs H Fachrori Umar MHum di Jambi, Jumat (28/10) usai melakukan kunjungan kerja ke Jangkat selama tiga hari. Perjalanan menuju Jangkat memakan waktu lima jam dari ibukota Kabupaten Merangin, Bangko.

“Saya melihat kondisi infrastruktur di Jangkat cukup memprihatinkan. Jalan prioritas utama mengingat daerah Jangkat sekitarnya merupakan aset potensial bidang pertanian dan keindahan alam, negeri subur yang perlu optimalisasi pengolahan,”katanya.

Dikatakan, Jangkat merupakan negeri yang sangat makmur, walau terpencil tapi sangat menjanjikan sayur mayur, padi, jagung, kentang, kopi, kulit manis, nilam, tembakau juga keindahan alam dengan suasana pegunungan dan danau. “Jangkat itu sangat menjanjikan ke depan, dari sisi alam, sayur-mayur, wisata.

“Permasalahan dan keluhan masyarakat Jangkat mengenai infrastruktur jalan yang masih menghambat roda perekonomian warga. Insya Allah Provinsi Jambi sudah membuat program multi years dalam membenahi jalan Jangkat,”katanya.

Program pembangunan jalan secara tahun jamak, Pemerintah Provinsi Jambi berharap dapat menjawab keluhan masyarakat Jangkat dan sekitarnya. Keinginan masyarakat senada dengan harapan Pemerintah Provinsi Jambi.

“Kalau jalan bagus, infrastruktur terpenuhi memuaskan, luar biasa, Jambi akan mendapatkan sayur-sayuran, tadi kita lihat kentangnya besar-besar, yang akan dikirim ke Batam bahkan sampai Singapura. Keindahan alam Jangkat menjadi daya tarik tersendiri. Wisata alam di Jangkat juga harus ada pengembangan yang baik sebagai tempat tujuan objek wisata,”katanya.

Disebutkan, Gunung Masurai serta dipinggir Danau Pauh menjadi daya tarik tersendiri di Merangin.

Wagub Jambi juga berkesempatan panen sayur organik bersama Bupati Merangin di Simpang Limbur Merangin dengan luas 20 Ha milik kelompok tani yang beranggotakan sebanyak 40 orang.

Sayur itu antara lain bayam hijau, bayam merah, ketimun, kangkung, sawi kemangi, kacang panjang. RUK

Tidak ada komentar: