Selasa, 08 Mei 2012

Sekum PGI Buka Sidang MPL PGIW Jambi

Buka : Sekum PGI Pdt Gomar Gultom (kanan) didampingi Ketua PGIW Jambi Pdt David Farel Sibuea (kiri), Dirintelkam Polda Jambi Kombes Pol Bagus Kurniawan SH (kanan) secara resmi membuka Sidang MPL PGI Wilayah Jambi dengan memukul gong di Ratu Hotel, Senin (7/5). Hadir pada sidang itu sekitar 150 peserta yang terdiri dari perwakilan dedominasi gereja yang bernaung di PGI Wilayah Jambi, baik dari Kota Jambi dan kabupaten se Provinsi Jambi. Foto batakpos/rosenman manihuruk

Jambi, BATAKPOS

Sekretaris Umum (Sekum) Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt Gomar Gultom secara resmi membuka Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) PGI Wilayah Jambi di Ratu Hotel, Senin (7/5). Hadir pada sidang itu sekitar 150 peserta yang terdiri dari perwakilan dedominasi gereja yang bernaung di PGI Wilayah Jambi, baik dari Kota Jambi dan kabupaten se Provinsi Jambi.

Sidang MPL PGIW Jambi diawali dengan kebaktian yang dibawakan Pdt Abraham Ruben Persang MTh. Kemudian menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta hening cipta, kemudian kata sambutan Ketua Panitia Bahari Panjaitan SH Msi, kata sambutan Ketua Umum PGIW Jambi Pdt David Farel Sibuea MTh D Min.

Menurut Bahari Panjaitan, panitia MPL PGIW Jambi tuan rumah GPIB Marturia Jambi dan dihadiri sekitar 150 peserta dari dedominasi gereja dibawah naungan PGIW Jambi se Provinsi Jambi. Kemudian dana Sidang MPL itu dari dana hibah APBD Provinsi Jambi 2012.

Pelaksanaan Sidang MPL berlangsung dua hari Senin-Selasa (7-8 Mei) di Ratu Hotel Jambi. Sidang mengambil Tema “Tuhan Itu Baik Bagi Semua Orang” (Mazmur 145: 9a) dengan Subtema “Bersama seluruh komponen Bangsa, mewujudkan masyarakat majemuk Jambi yang berkedaulatan, inklusif, Adil, Damai dan demokratis”.

Sementara pikok pikiran pada Sidang MPL PGIW Jambi yakni “Merawat Nasionalisme dan Keutuhan Bangsa dengan memperkuat kerukunan dan kepedulian antar umat beragama,”.

Ketua Umum PGIW Jambi Pdt David Farel Sibuea MTh D Min menyebutkan, saat Panitia melakukan audensi dengan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus dan Walikota Jambi dr Bambang Priyanto beberapa waktu lalu, keduanya mengaku bersedia hadir pada pembukaan Sidang MPL PGIW Jambi tersebut.

“Namun keduanya tidak bisa hadir pada pembukaan ini. Walikota Jambi diwakilkan oleh Ibu Irianti dari Depag Kota Jambi, sementara Gubernur Jambi tidak ada yang datang dalam mewakili. Kita sampaikan salam kepada Gubernur Jambi dan Walikota Jambi tersebut,”katanya.

Menurut   David Farel Sibuea, Sidang MPL PGIW Jambi tidak lagi dilakukan oleh pengurus PGIW Jambi, namun diserahkan kepada gereja-gereja yang ada di Provinsi Jambi. Tahun 2011 lalu tuan rumah Sidang MPL PGIW Jambi adalah Huria Kristen Batak Pritestan (HKBP) Jambi di Novita Hotel yang dihadiri Ketua PGI Pdt Andreas A Yewangoe.

Sementara Sidang MPL PGIW Jambi 2012 oleh GPIB Marturia Jambi. “Kita harapkan gereja yang ada di Jambi bersedia menjadi tuan rumah pada Sidang MPL 2013 mendatang. Kita juga berharap agar pendenaan juga ada dari Pemerintah Kota Jambi,”katanya.

Pdt David Farel Sibuea juga meminta agar pemerintah tidak memandang umat Nasrani (PGIW Jambi) dengan sebelah mata. Sehingga tidak ada kesan “anak tiri” dalam memperhatikan dalam lembaga keagamaan.

Menurut David Farel Sibuea, selama 4 tahun dirinya di Jambi, menurutnya kerukunan umat beragama di Provinsi Jambi sudah kondunsif. Namun dua tahun terakhir ada pihak-pihak yang sengaja melakukan provokasi sehingga kerukunan umat beragama di Provinsi Jambi tidak kondunsif.

Dirinya mencontohkan dengan pembekuan aktifitas pembangunan dan ibadah HKBP Aurduri Kota Jambi sejak 14 Desember 2011 lalu. Kini Pimpinan HKBP Syaloom di RT 12 Aurduri, Penyengat Rendah, Telanaipura, Kota Jambi akhirnya menggugat Walikota Jambi dr Bambang Priyanto. RUK

Sekum PGI Pdt Gomar Gultom. Foto-foto Rosenman Manihuruk (HP 0812 747 7587)


Ketua Panitia Bahari Panjaitan SH Msi.Foto-foto Rosenman Manihuruk (HP 0812 747 7587)

Ketua Umum PGIW Jambi Pdt David Farel Sibuea MTh D Min

St Radesman Saragih S Sos peserta Sidang MPL (wakil GKPS Kotabaru Jambi)


Menyanyikan Lagu Indonesia Raya


Peserta Mengheningkan Cipta. Foto-foto Rosenman Manihuruk (HP 0812 747 7587)

Tidak ada komentar: