Rabu, 05 Oktober 2011

Universitas Indonesia Janji Tingkatkan SDM Jambi

HBA

Jambi, Batak Pos

Universitas Indonesia (UI) berjanji akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Jambi dalam mewujudkan pencapaian visi Provinsi Jambi “Jambi Emas 2015”. Langkah mewujudkan SDM tersebut melalui pendidikan, pelatihan, penelitian, pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat.

Perjanjian itu dituangkan dalam penandatanganan nota kesepakatan bersama dalam peningkatan kualitas antara Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA), Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof Dr Gumilar Rusliwa Somantri serta Rektor Universitas Jambi (Unja) H Kemas Arsyad Somad.

Menurut Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA), Selasa (3/10), penandatanganan MoU yang berlaku untuk empat tahun kedepan ini dilakukan di Gedung Perpustakaan UI. Dirinya berharap kerjasama yang terjalin dapat dimanfaatkan secara optimal demi kemajuan Provinsi Jambi sesuai dengan visi Jambi Emas 2015.

“Mudah-mudahan fasilitas UI ini bisa dimanfatkan di Jambi ke depan. Kerjasama tersebut juga mencakup bidang penelitian, sekolah untuk S2 dan S3. Nanti kalau bisa ada fasilitas khusus untuk anak Jambi mengambil S2,S3 dari pegawai atau umum terutama dari Dosen Unja, itu yang kita harapkan,”katannya.

HBA juga merasa tertarik dengan perpustakaan UI, bangunannya merupakan perpustakaan terbaik dunia untuk konsep ramah lingkungan, juga memiliki fasilitas komputerisasi Borrow and Return Book untuk peminjaman dan pengembalian buku.

“Provinsi Jambi melalui Unja mampu membuat dan melakukan hal yang sama. 'Kita lihat kondisinya cukup baik, kenapa kita tidak bisa contoh di Jambi,”katanya.

Ruang lingkup kerjasama yang disepakati tersebut meliputi mempersiapkan SDM di Jambi untuk melanjutkan pendidikan di UI dengan melaksanakan pengiriman SDM Jambi untuk mengikuti pendidikan di UI.

Hal itu guna mempersiapkan dan menyelenggarakan politeknik secara bersama antara UI dan Unja, mempersiapkan Unja agar dapat menyelenggarakan program S3 secara bersama antara UI dan Unja. ruk

Tidak ada komentar: