Kamis, 25 Maret 2010

Gubernur Jambi Tinjau Pelaksanaan UN di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi H. Zulkifli Nurdin meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di empat sekolah di Kota Jambi Senin (22/3). Gubernur didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Drs. H. Rahmad Derita MPdi, anggota Komisi X DPR RI, Shelina Gita, dan rombongan dari pemerintah Provinsi Jambi. Sekolah-sekolah yang ditinjau pelaksanaan UN-nya yakni SMA N 2 Kota Jambi, MAN Model, SMA Al Falah, dan SMK N 3 Kota Jambi.

Gubernur mengatakan, dengan pengawas yang disilang lintas rayon, guru yang mengawas juga disilang dari segi bidang studi, dan pengawas yang juga diawasi, mudah-mudahan tidak terjadi pelanggaran dan kecurangan dalam pelaksanaan UN sampai dengan UN selesai dilselenggarakan.

Keberhasilan pelaksanaan serta hasil yang baik dari UN juga merupakan harapan nasional, sebab Negara Indonesia yang menghadapi pelbagai masalah membutuhkan generasi penerus yang cerdas, arif dan bijaksana, serta berakhlak baik, yang salah satunya dipersiapkan dari sektor pendidikan, dan UN merupakan salah satu tahapan yang dilalui utntuk itu.

SMA N 2 Kota Jambi merupakan almamater H.Zulkifli Nurdin - siswa-siswi sudah selesai menunaikan UN bidang studi Bahasa Indonesia, selanjutnya akan melaksanakan UN bidang studi Biologi bagi jurusan IPA dan bidang studi Sosiologi bagi jurusan IPS.

Kepada siswa-siswi, gubernur mengatakan agar mereka tetap semangat. Gubernur yakin bahwa siswa-siswi yang rajin belajar, akan bisa menjawab soal-soal di UN itu dengan baik. “Kalian harus yakin bisa” ujarnya.

Drs. H. Rahmad Derita MPdi, menyatakan, agar siwa/siswi yang tidak mampu secara ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (PT). “Jangan putuskan cita-citanya, karena gubernur sudah menyiapkan anggaran untuk itu, jadi silahkan mendaftar ke PT terutama ke PT yang bagus, seperti ITB, UI, UGM. Jangan ragu, biaya pendaftaran juga sudah gebernur siapkan, kalau lulus, biaya kuliah dan biaya hidupnya juga ditanggung,”katanya.

Rektor Universitas Jambi (Unja), Prof. Dr. H. Kemas Arsyad Somad, SH, MH sebagai ketua pengawas UN dan para pengawas lainnya ditemui dalam tinjauan gubernur dan rombongan ke SMA AL FALAH. Rektor Unja membeberkan bahwa dosen-dosen juga dilibatkan sebagai pengawas UN.

Enamratusan dosen ikut serta mengawasi UN se Provinsi Jambi, termasuk dosen-dosen perguruan tinggi swasta di daerah-daerah. “Tinggal satu lagi, scanning, untuk mengevaluasi hasil UN yang disentralkan di Mess Unja dengan meminta alat dari Diknas,”ujarnya.

Kemas Arsyad Somad juga membantah kalau ada jawaban UN yang beredar di kalangan peserta UN di Jambi. “Tidak ada itu, itu hanya isu menyesatkan para peserta UN,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: