Rabu, 19 Oktober 2011

Muka-Muka Baru dalam KIB II

Enam calon Menteri (dari kiri ke kanan) Jan Farid menjadi Menteri Perumahan Rakyat, Dahlan Iskan menjadi Menteri BUMN, Gita Wirjawan akan menjadi Menteri Perdagangan, Amir Syamsuddin menjadi Menteri Hukum dan HAM, Letjen TNI Marciano Norman menjadi Kepala Badan Intelijen Negara dan Anwar Abubakar menjadi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin (17/10). (Foto: SP/Ruht Semiono)


[JAKARTA] Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengangkat sejumlah muka baru untuk duduk dalam kabinetnya sebagai menteri. Sementara beberapa menteri lainnya digeser posisi dari kedudukan mereka sebelumnya di Kabinet Indonesia Bersatu II.

Muka-muka baru yang duduk dalam KIB II adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PLN. Dia menggantikan Mustafa Abu Bakar yang sedang sakit. Gita Wirjawan diangkat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Mari Elka Pangestu. Sementara, Menteri Hukum dan HAM ditempati Amir Syamsuddin menggantikan Patrialis Akbar.

Muka-muka baru lainnya yang duduk sebagai menteri adalah Azwar Abubakar menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Juga Djan Farid menggantikan Suharso Monoarfa sebagai Menteri Perumahan Rakyat.

Selain itu Menteri Lingkungan Hidup diisi oleh Berth Kambuaya dari Universitas Cendrawasih Papua. Sedangkan Menteri Kelautan dan Perikanan ditempati Syarif Cicip Sutarjo. Sementara Letjen TNI Marciano Norman menggantikan Sutanto sebagai Kepala BIN.

Sedangkan, menteri-menteri yang digeser posisinya adaah Jero Wacik yang sebelumnya menjabat menteri Kebudayaan dan Pariwisata kini menjabat Menteri ESDM. Posisi Jero Wacik digantikan Mari Elka Pangestu dengan nama departemen baru Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Gusti Muhammad Hatta yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup digeser menjadi Menteri Riset dan Teknologi menggantikan Suharna Surapratama. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mengindaan mengisi posisi Menteri Perhubungan menggantian Freddy Numberi. [A-21](Sumber Portal.suarapembaruan.com)

Tidak ada komentar: