Minggu, 31 Juli 2011

Muhaimin Iskandar : Jumlah Pengangguran Menacapai Rp 8,1 Juta Orang


Jambi, BATAKPOS

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia (Menakertrans RI) Drs. H.A. Muhaimin Iskandar di Jambi, Kamis (28/7) mengatakan, jumlah pengangguran sebesar 8,1 juta orang, dengan tingkat pengangguran sebesar 6,80 persen dari total angkatan kerja.

Perusahaan di daerah juga diharapkan bisa membuka komunikasi peluang kerja dengan pekerja dalam mengurangi jumlah pengangguran di daerah. Melalui pameran bursa kerja, jumlah pengangguran bisa berkurang.

Hal itu dikatakan Muhaimin Iskandar saat membuka Job Fair (Pameran Bursa Kerja) tahun 2011, Kamis (28/7) bertempat di Jambi Town Square (Jamtos) Kota Jambi. Muhaimin didamping Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum.

Kegiatan itu diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, Kamar Dagang dan Industri Provinsi Jambi.

Menurut Muhaimin Iskandar, kegiatan itu sangat relevan dan sesuai dengan kondisi yang dihadapi Indonesia, yakni masih tingginya tingkat pengangguran. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran sebesar 8,1 juta orang, dengan tingkat pengangguran sebesar 6,80 persen dari total angkatan kerja.

Kegiatan Jambi Job Fair 2011 di Jambi ini memiliki nilai sangat penting dan strategis, berkaitan dengan upaya mempercepat proses penempatan tenaga kerja secara praktis, efisien dan efektif. Kegiatan ini tentunya sangat membantu pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang diinginkan.

Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum, menyampaikan, bahwa kondisi ketenagakerjaan saat ini yang tentunya sangat berpengaruh pada kondisi ketenagakerjaan di daerah, termasuk Provinsi Jambi.

Disebutkan, berdasarkan data BPS Provinsi Jambi jumlah pengangguran pada bulan Februari 2011 sejumlah 60.055 orang atau 4,45 persen dan pada Februari 2011 turun menjadi 58.797 orang atau 3,85 persen.

Sementara jumlah angkatan kerja yang setengah menganggur mengalami kenaikan dari 503.831 orang pada Februari 2011 menjadi 596.473 orang pada Februari 2011. Sebanyak 51,31 persen dari pekerja adalah tamatan Sekolah Dasar ke bawah.

Sebanyak 19,25 persen hanya berpendidikan SMP, selebihnya 14,59 persen tamat SMA dan hanya 7,75 persen yang tamat diploma dan sarjana. Kedepan Pemerintah Provinsi Jambi akan menyiapkan tenaga-tenaga kerja yang trampil melalui pengembangan sekolah berbasis keunggulan lokal dan revitalisasi Balai Latihan Kerja (BLK). ruk

Tidak ada komentar: