Minggu, 30 Januari 2011

Harimau Sumatera Lahirkan Eampat Anak

Kebun Binatang Taman Rimba Jambi

Jambi, BATAKPOS

Harimau Sumatera (Panther Tigris Sumatera) yang diberi nama Uni melahirkan empat anak di Kebun Binatang Taman Rimbo Kota Jambi. Satu dari empat anaknya mati setelah lahir. Kelahiran empat anak harimau sumatera pasangan Peter dan Uni asal Ragunan Jakarta ini menambah koleksi Taman Rimbo Jambi.

Pihak pengelola Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi juga berencana melakukan sayembara pemberian nama ketiga anak harimau tersebut. Tiga anak harimau tersebut merupakan keberhasilan pertama di Sumatera.

Pasangan Peter (harimau jantan) dan Uni merupakan pengganti sepasang Harimau Sumatera Sheila dan Rangga yang mati tahun lalu. Sheila mati karena diracun pencuri dan bangkainya dibawa lari. Sementara Rangga mati akibat sakit.

Sepasangan Harimau Sumatera (Peter dan Uni) dipasangkan di Kebun Binatang Jambi Januari 2010 lalu. Perkawinan Peter dan Uni kali kedua yang berhasil setelah sebelumnya gagal dalam pembuahan rahim.

Pawang (keeper) Peter dan Uni, Eko kepada BATAKPOS di Kebun Binatang Taman Rimbo, Rabu (26/1) mengatakan, Uni melahirkan empat anak Senin (24/1) malam. Uni diketahui melahirkan di kandangnya Selasa (25/1) pagi saat Eko hendak memberikan makan.

“Hari Sabtu dan Minggu sudah ada tanda-tanda Uni mau melahirkan. Dua hari terakhir selera makan Uni berkurang. Kemudian putting susu Uni tampak bengkak dan membesar. Pada Selasa pagi baru tahu kalau Uni melahirkan empat anak, namun satu mati,”kata Eko didampingi dokter hewan Taman Rimbo Jambi, drh Nurbani.

Menurut drh Nurbani, Uni dan tiga anaknya dalam kondisi baik. Uni tergolong induk yang penyanyang dan penjaga anaknya. Uni akan bersama dengan anaknya kurang lebih enam bulan.

“Belum ada petunjuk dari atasan soal pemisahan Uni dengan anaknya. Kalau di Taman Safari Bogor, sebulan sudah bisa dipisah agar mudah jinak. Namun Uni direncanakan pisah selama enam bulan sehingga kesehatan ketiga anaknya dari kolesterom susu induknya semakin terjamin,”kata Nurbani.

Kepala UPTD Taman Rimbo Jambi, Adrianis mengatakan, kebun binatang Jambi memecahkan rekor berhasil menangkar harimau sumatera melahirkan secara alami dengan empat anak.

Dikatakan, berat masing-masing anak harimau itu berkisar 1,5 kilo gram dengan panjang 25 centi meter. Namun jenis kelamin ketiga anak harimau itu belum diketahui karena induknya belum mau meninggalkan ketiga anaknya tersebut.

Sementara itu, Kepala BKSDA Jambi, Tri Siswo mengatakan, kelahiran empat anak harimau itu merupakan prestasi yang cukup mengejutkan. Proses kelahiran alami, ini menunjukkan asumsi gizi Peter dan Uni cukup baik.

Dikatakan, di Jambi kini hanya tersisa 40-50 ekor harimau Sumatera yang hidup di habitatnya seperti di kawasan TNKS, TN Berbak dan TNBD Jambi. Kelahiran tiga anak harimau yang kini dalam kondisi baik, diharapkan menambah koleksi Taman Rimbo Zoo. ruk

Menyusui : Uni tampak menyusui ketiga anaknya di kandang Kebun Binatang Taman Rimbo Jambi, Rabu (26/1). Kelahiran empat (satu mati) anak harimau dari pasangan Peter dan Uni merupakan yang pertama di Sumatera. Foto batakpos/rosenman manihuruk




Uni menyapa BATAKPOS. Foto2 ROSENMAN MANIHURUK.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

JUAL Obat Aborsi Jambi MANJUR UNTUK USIA 1-7 BULAN.
Cytotec Asli Jambi YANG KAMI JUAL RESMI DARI RUMAH SAKIT, JADI ANDA TIDAK PERLU RAGU LAGI UNTUK ORDER Obat Penggugur Kandungan Jambi
YANG KAMI JUAL KARENA BERGARANSI DAN DIJAMIN 100% TUNTAS TANPA HARUS KURET LAGI.
Ciri Cytotec Asli adalah obatnya tidak ada bentuk lain selain persegi enam dan warnanya pun cuma putih.

INFO LEBIH LANJUT KLIK WEBSITE RESMI KAMI YANG TERTERA DI BAWAH INI:

Obat Aborsi Di Jambi
Obat Penggugur Kandungan Di Jambi
Obat Penggugur Janin Di Jambi
Cara Menggugurkan Kandungan Di Jambi
Penggugur Kandungan Di Jambi
Penggugur Janin Di Jambi
Obat Telat Bulan Di Jambi
Klinik Aborsi Di Jambi
Obat Aborsi Di Jambi
Cod Cytotec Jambi
Obat Cytotec Asli Di Jambi
Cytotec Asli Di Jambi

WA : 081325000880
BBM : 54D5479D