Selasa, 22 Juni 2010

Pasangan HBA-Fachrori Umur Unggul

Perhitungan Cepat Pemilukada Provinsi Jambi

Jambi, BATAKPOS

Pasangan calon Gubernur Jambi nomor Urut dua Hasan Basri Agus-Fachrori Umar (HBA-FU) unggul pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Provinsi Jambi , Sabtu (20/6). Pasangan calon Gubernur Jambi Periode 2010-1015 unggul 43 persen berdasarkan perhitungan cepat yang dilaksanakan Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Sementara urutan kedua pasangan Madjid Muaz-Abdulah Hich (MM-Hich-PAN) 25 persen, ketiga Zulfikar Achmad-Ami Taher (ZA-AMI-23 Partai Gurem) 16 persen dan urutan terakhir pasangan Safrial MS-Agus S 13 persen (PDIP). Pasangan HBA-FU diusung Partai Demokrat, Golkar, PKS dan 2 partai kecil.

Menurut HBA, pihaknya menyakini hasil perhitungan cepat itu cukup diyakini. Pihaknya juga tetap berpatokan pada perhitungan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi.

Pengamatan BATAKPOS Sabtu (19/6) menunjukkan, massa pendukung HBA-FU juga melakukan arak-arakan usai mengetahui perolahan suara oleh LSI. Massa keliling Kota Jambi menggunakan motor gede (Moge).

Sementara itu HBA menggunakan hak pilihnya di TPS 2, yang berlokasi di SDN 2 RT 8 Kecamatan Sarolangun, (19/6). Ia bersama istri, Yusniana HBA, tiba di TPS sekitar pukul 08.05 Wib. Sebelum mencoblos, HBA memperlihatkan kertas suara.Setelah melakukan pencoblosan, HBA mencelupkan jari kelingkingnya ke tinta, diikuti sang istri.

HBA juga menyempatkan diri mengunjungi TPS 1 yang jaraknya berdekatan. "Saya melihat-lihat saja," ujarnya. Warga yangg kebetulan berada di TPS itu sempat menyalami HBA. Setelah kembali ke rumah dinas, HBA langsung menuju Kota Jambi.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr Safrial, yang juga Cagub Jambi nomor urut 4, menjadi pemilih pertama yang menggunakan hak pilihnya di TPS 09 Kelurahan Tungkal 4 Kota, pukul 07.30 WIB (19/6).

Safrial memberikan hak suaranya bersama istri. Ia telah berada di TPS pada pukul 07.00. Tidak lama berada di TPS petugas langsung mempersilahkan untuk memberikan hak suara. Hanya beberapa menit berada di TPS, Safrial dan istri kembali ke rumah dinas yang hanya berjarak beberapa puluh meter dari TPS.

Sementara itu Zulfikar Achmad melakukan pencoblosan di TPS 1 Kelurahan Bungo Barat, sekitar pukul 10.15 Wib, Sabtu (19/6). ZA datang ke TPS bersama istri, dan diantar anak dan menantunya.

Za tiba di TPS dengan berjalan kaki, tidak hanya dekat, sebab TPS tersebut berada di belakang rumah dinas Bupati Bungo, kediamannya, yang berjarak sekitar 200 meter.

”Apapun hasilnya, ia menyerahkan semua kepada Allah. Jika ia kalah, ia siap untuk legowo, dan jika menang ia akan segera mmbenahi Jambi. Jika satu tahun saya memimpin tidak ada perubahan saya siap mundur,"katanya

Calon wakil Gubernur Jambi, Agus Setyonegoro yang berpasangan dengan Safrial, menggunakan hak pilihnya di TPS O6 RT O6 Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Kota Baru.

Agus datang ke TPS yang tidak jauh dari kediamannya, bersama istri dan beberapa anggota keluarganya, sekitar pukul 08.30 WIb.

Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin, Walikota Jambi dr Bambang Priyanto, Ketua KPU Provinsi Yaser Arafat, beserta unsur muspida provinsi seperti Kapolda Jambi, Danrem, dan kepala dinas, karo, usai melakukan pencoblosan, meninjau beberapa TPS yang ada di Kota Jambi, (19/6).

Dalam peninjauan tersebut, rombongan gubernur sempat juga melakukan wawancara dengan petugas yang ada di TPS, dan juga dengan masyarakat yang memberikan hak pemilihnya. Secara umum Pemilukada Provinsi Jambi berjalan aman dan tertib. ruk

Tidak ada komentar: