Selasa, 22 Juni 2010

Amien Rais Nilai Pimpinan KPK Penakut

Jambi, BATAKPOS

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menilai para pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) penakut dan bermental bermental seperti keledai. Dirinya mengaku kecewa atas kinerja KPK.

Tidak ada harapan lagi. Tidak ada kasus korupsi yang diproses secara signifikan dan konsekuen oleh KPK. Para pemimpinnya penakut, ragu-ragu seperti keledai. Ganti saja semua oknum pimpinan KPK, tapi KPK-nya harus tetap ada. Perlu dicari orang-orang bermental pemberani seperti macan untuk memimpin KPK.

Demikian ditegaskan Amien Rais seusai silaturahmi dengan Pengurus Muhammadiyah se-Provinsi Jambi, di Grand Hotel Kota Jambi, Minggu (13/6). Menurut mantan ketua umum PAN dua periode ini, tak kasus korupsi yang diproses secara signifikan dan konsekuen.

”Selama ini kasus yang ditangani KPK kasus kecil-kecil. KPK hanya melakukan sandiwara hukum. KPK hanya mengurusi kasus kecil. Kasus ecek-ecek. Kasus besar selalu luput,”katanya.

Menurut Amien Rais, negara kita rugi. Biaya yang didapat KPK dari kasus korupsi yang ditangani lebih kecil dibanding biaya yang dikeluarkan negara untuk menyelesaikan kasus korupsi.

Dikatakan, para calon pimpinan KPK yang saat ini bermunculan sudah bagus, seperti Jimlie Asidiqe, Faisal Basri dan Busra Mukhodar. Ia sendiri lebih menjagokan Jimlie Asidiqe menjadi Ketua KPK.

Amien juga meminta kasus 2 pimpinan KPK, Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah, terkait dimenangkannya gugatan pra-peradilan atas penerbitan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKPP) yang diajukan adik buronan KPK Anggoro Widjojo, Anggodo Widjojo, dlanjutkan ke meja hijau. ruk

Tidak ada komentar: