Jumat, 05 November 2010

Penyuluh KB Diminta Jadi Motivator KB

Jambi, BATAKPOS

Peran petugas lapangan/penyuluh Keluarga Berencana (KB) dan kader KB diminta tidak hanya sebagai akses pelayanan KB, namun lebih berperan sebagai motivator dan konselor terkait dengan meningkatnya minat masyarakat untuk ber-KB. Program KB juga perlu ditingkatkan pasca persalinan dan pasca keguguran guna mewujudkan program pembangunan nasional.

Demikian dikatakan Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus, saat membuka jambore pengelola program Keluarga Berencana (KB) Provinsi Jambi tahun 2010, Rabu (3/11) malam di Golden Harvest Hotel Jambi.

Menurut Hasan Basri Agus, peserta jambore KB untuk terus meningkatkan wawasan dan pengalaman para kader Institusi Masyarakat Pedesaan/Perkotaan KB dalam mengantisipasi dinamika perkembangan kedepan serta meningkatkan peran dan kinerjanya dalam upaya membangun Provinsi Jambi menuju “JAMBI EMAS 2015”.

Jambore pengelola program KB ini merupakan salah satu forum untuk melakukan tinjauan mekanisme operasional dimasa mendatang bagi para petugas lapangan/penyuluh KB dan kader yang merupakan ujung tombak pelaksanaan penggerakan pelayanan program KB di lini depan.

Disebutkan, jumlah penduduk Provinsi Jambi pada tahun 2010 berjumlah 3.088.618 jiwa (Data BPS hasil sensus 2010). Pertambahan jumlah penduduk itu diluar perkiraan.

Banyak faktor yang mempengaruhi meningkatnya laju pertumbuhan penduduk seperti banyaknya pendatang (eksodus) baru, mengingat potensi Jambi yang kaya akan sumber daya alam.

Sehingga peluang bagi pendatang baru untuk membuka usaha ataupun mencari pekerjaan masih sangat terbuka. Faktor lain yang mungkin masih harus dikaji lebih lanjut adalah sejauh mana keberhasilan pelaksanaan program KB di Provinsi Jambi.

Ketua Panitia Jambore Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), Firmansyah, mengatakan, ibu-ibu Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP), merupakan ujung tombak pelaksanaan program KB dilini lapangan dengan melibatkan seluruh potensi.

Kegiatan jambore ini diikuti sebanyak 105 orang PLKB/PKB dan 145 orang kader IMP, dan dilaksanakan dari tanggal 3 s/d 5 Oktober 2010. ruk

Tidak ada komentar: