Pj Gubernur Jambi Irman bersama Para Pimred Media di Jambi, Kamis (3/9). Foto IST Tribunjambi. |
BERITAKU-Kondisi Udara Kota Jambi (Jelutung, Komplek Gereja, Paal 5 Kotabaru)
Kamis 3 September 2015 Pukul 11.OO Wib. Seluruh Sekolah
(PAUD-TK-SD-SMP-SMA) Kamis hingga Sabtu 5 September 2015 diliburkan. Pemda
Membiarkan Saja Kabut Asap Kian Menyengsarakan Warga Tanpa Ada
Solusinya.
Sementara Pj Gubernur Jambi Irman memanggil Pimred Media di Jambi guna membahas bencana asap. Namun pembicaraan hanya pada soal Lumpuhnya Aktifitas Bandara Jambi. Irman meminta agar Bandara Jambi memasang ILS (Instrument Landing
System) dan Alat Bantu Pendaratan Visual/AFL (Airfield Lighting System).
Guna menunjang operasional Bandara Jambi, perlunya sejumlah
alat pendukung bandara seperti ILS atau fasilitas bantu pendaratan. ILS adalah
salah satu prasarana penujang operasi bandara, dan dibagi dua kelompok
peralatan, yaitu Alat Bantu Pendaratan Instrumen/ILS (Instrument Landing
System) dan Alat Bantu Pendaratan Visual/AFL (Airfield Lighting System).
Alat Bantu Pendaratan Instrument terdiri dari ILS adalah
alat bantu pendaratan instrumen (non visual) yang digunakan untuk membantu
penerbang dalam melakukan prosedur pendekatan dan pendaratan pesawat di suatu
bandara.
Peralatan ILS terdiri atas 3(tiga) subsistem Localizer,
yaitu pemancar yang memberikan sinyal pemandu azimuth, mengenai kelurusan
pesawat terhadap garis tengah landasan pacu, beroperasi pada daerah frekuensi
108 MHz hingga 111,975 MHz.
Kemudian Glide Slope, yaitu pemancar yang memberikan sinyal
pemandu sudut luncur pendaratan, bekerja pada frekuensi UHF antara 328,6 MHz
hingga 335,4 MHz dan Marker Beacon, yaitu pemancar yang menginformasikan sisa
jarak pesawat terhadap titik pendaratan. dioperasikan pada frekuensi 75 Hz.
Marker Beacon terdiri dari 3 buah, yaitu Outer Marker (OM)
terletak 3,5 - 6 nautical miles dari landasan pacu. Outer Marker dimodulasikan
dengan sinyal 400 Hz. Kemudian Middle Marker (MM) terletak 1050 ± 150 meter
dari landasan pacu dan dimodulasikan dengan frekuensi 1300 Hz dan Inner Marker
(IM) terletak 75 – 450 meter dari landasan pacu dan dimodulasikan dengan sinyal
3000 Hz.
Airfield Lighting System (AFL) adalah alat bantu pendaratan visual yang berfungsi membantu dan melayani pesawat terbang selama tinggal landas, mendarat dan melakukan taxi agar dapat bergerak secara efisien dan aman.
Airfield Lighting System (AFL) adalah alat bantu pendaratan visual yang berfungsi membantu dan melayani pesawat terbang selama tinggal landas, mendarat dan melakukan taxi agar dapat bergerak secara efisien dan aman.
AFL meliputi peralatan-peralatan sebagai berikut, Runway
edge light, yaitu rambu penerangan landasan pacu, terdiri dari lampu-lampu yang
dipasang pada jarak tertentu di tepi kiri dan kanan landasan pacu untuk memberi
tuntunan kepada penerbang pada pendaratan dan tinggal landas pesawat terbang
disiang hari pada cuaca buruk, atau pada malam hari.
Kemudian Threshold light, yaitu rambu penerangan yang
berfungsi sebagai penunjuk ambang batas landasan, dipasang pada batas ambang
landasan pacu dengan jarak tertentu memancarkan cahaya hijau jika dilihat oleh
penerbang pada arah pendaratan.
Selanjutnya Runway end light, yaitu rambu penerangan
sebagai alat bantu untuk menunjukan batas akhir/ujung landasan, dipasang pada
batas ambang landasan pacu dengan memancarkan cahaya merah apabila dilihat oleh
penerbang yang akan tinggal landas.
Taxiway light, yaitu rambu penerangan yang terdiri dari
lampu-lampu memancarkan cahaya biru yang dipasang pada tepi kiri dan kanan
taxiway pada jarak-jarak tertentu dan berfungsi memandu penerbang untuk
mengemudikan pesawat terbangnya dari landasan pacu ke dan atau dari tempat
parkir pesawat.
Flood light, yaitu rambu penerangan untuk menerangi tempat
parkir pesawat terbang diwaktu siang hari pada cuaca buruk atau malam hari pada
saat ada pesawat terbang yang menginap atau parkir.
Approach light, yaitu rambu penerangan untuk pendekatan yang dipasang pada perpanjangan landasan pacu berfungsi sebagai petunjuk kepada penerbang tentang posisi, arah pendaratan dan jarak terhadap ambang landasan pada saat pendaratan.
Approach light, yaitu rambu penerangan untuk pendekatan yang dipasang pada perpanjangan landasan pacu berfungsi sebagai petunjuk kepada penerbang tentang posisi, arah pendaratan dan jarak terhadap ambang landasan pada saat pendaratan.
Kelengkapan Bandara Jambi masih banyak dibutuhkan guna
mendukung Bandara Jambi sebagai Bandara Internasional seperti yang diidam-idamkan
Pemerintah Provinsi Jambi. (Asenk Lee)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar