Selasa, 19 Maret 2013

Pesta Sending HKBP Jambi Diguyur Hujan

Keluarga Tony Sianturi di PESTA SENDING HKBP JAMBI 17-03-2013.fOTO-FOTO ROSENMAN MANIHURUK HP 0812 747 7587

Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt Marolop P Sinaga MTh.

Ketua Panitia Pesta Zending HKBP Distrik XXV Jambi  Solo Manik SH St Juliana Br Manurung.

Anak Keluarga Tony Sianturi di PESTA SENDING HKBP JAMBI 17-03-2013.







Hadiah Utama Bersama Guru Huria HKBP Kotabaru Jambi

Embas Trio Jambi di PESTA SENDING HKBP JAMBI 17-03-2013.

Sekjen HKBP saat menyematkan Ulos kepada Keluarga Tony Sianturi.

Praeses HKBP Distrik 25 Jambi Pdt Manuarang Hutabarat STh.

Acara Manortor. Foto-foto Rosenman Manihuruk HP 0812 747 7587


Jambi, BERITAKU

Hujan ternyata tak mengurungkan niat ribuan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Distrik XXV di HKBP Kotabaru Jambi, Minggu (17/3/13). Namun turunnya hujan sejak subuh hingga pukul 09.WIB, warga HKBP tetap antusias mengikuti ibadah dan cara Pesta Sending HKBP Distrik XXV Jambi tersebut.

Pesta Sending HKBP Jambi itu dihadiri Pimpinan Pusat HKBP Sekretaris Jenderal (Sekjen) HKBP, Pdt Mori Sihombing MTh, Kepala Departemen Marturia HKBP, Pdt Marolop P Sinaga MTh dan Kepala Biro Sending (PI) HKBP, Pdt. C.O.R Silaban, STh.

Dalam ibadah, Kotbah disampaikan Pdt Mori Sihombing MTh yang Natsnya diambil dari Mazmur 126: 1-8. Kemudian Agenda (Votum-Liturgis) dibawakan Kepala Departemen Marturia HKBP, Pdt Marolop P Sinaga MTh.

Usai ibadah, dilanjutkan dengan lelang, tortor dari seluruh Resort se HKBP Distrik XXV Jambi serta menyematkan (mangulosi) kepada anggota Jemaat oleh Pimpinan Pusat HKBP (Sekjan HKBP Pdt Mori Sihombing MTh dan  Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt Marolop P Sinaga MTh).

Pertama yang diulosi yakni Keluarga Tony Sianturi dan diselingi Tortor seluruh Pendeta, Vikaris, Bibelpro se Distrik XXV Jambi. Usai makan bersama, dilanjutkan dengan penarikan kupon undian untuk pengumpulan dana Pesta Zending tersebut. Hadiah utama kupon berupa satu unit sepeda motor dan lemari es. Acara manortor lebih meriah berkat iringan music Embas Musik dan Embas Trio Jambi.

Kepala Departemen Marturia HKBP, Pdt Marolop P Sinaga MTh mengatakan, program Zending HKBP adalah internal mission. Yakni mengaktifkan anggota jemaat untuk beriman dan mengaktifkan jemaat yang beriman untuk ikut bermisi.

“Itu sasaran utama karena secara Theoligia misi itu adalah tugas dari semua orang Kristen dan semua orang beriman. Untuk memberitakan injil, semua orang beriman wajib melakukannya. Jadi kami secara HKBP mau memfasilitasi sekaligus memperlengkapi anggota jemaat untuk mampu bermisi,”kata Pdt Marolop P Sinaga MTh.

Menurutnya, missi internal itulah sasaran umum dari Pimpinam Pusat HKBP. “Selama tiga hari di Jambi, saya melihat belum semuanya anggota jemaat menjadi orang beriman walaupun semuaya merasa diri sebagai orang Kristen.

“Itu yang perlu kita pahami dan sasaran kita supaya 100 persen anggota jemaat benar-benar beriman, benar-benar pengikut Kristus yang benar. Itu yang kita lihat di sini (Jambi-red). Kondisi hanya sekitar 41 persen anggota jemaat yang aktif di HKBP Distrik XXV Jambi, sedangkan 59 persen lagi belum aktif,”katanya.

Menurut Pdt Marolop P Sinaga MTh, kedalanya pertama adalah sebagian sejak masa lalu belum benar-benar menghayati, kedua karena jarak antara rumah tinggal dengan gereja yang begitu jauh, kendala ketiga ada tempat-tempat dimana dia tidak mungkin ada gereja di tempat itu.

“Kita harus menggerakkan gereja, Parhalado (pelayan) pergi memberitakan injil ke tempat-tempat dimana jemaat berada. Terkait pembangunan gereja, kami berprinsip gereja tak pernah ditutup. Ijin Gereja itu adalah dari Tuhan, ijin beribadah dari Tuhan bukan dari pemerintah. Gereja bukan bangunannya, tapi anggota jemaat itu sendiri,”katanya.

Ketua Panitia Pesta Zending HKBP Distrik XXV Jambi, Solo Manik SH/ St Juliana Br Manurung mengatakan, pesta Zending tersebut berjalan lancer dan tertib. Terkumpul dana dalam pesta itu Ratusan Juta Rupiah.

Menurutnya, antusias jemaat untuk hadir pada Pesta Zending itu cukup tinggi meski Kota Jambi diguyur hujan sejak subuh hingga pukul 09.00 WIB. Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu suksesnya acara tersebut. (Rosenman Manihuruk) 

Tidak ada komentar: