Rabu, 25 Juli 2012

Brimob Polda Jambi Tangkap Tangki BBM Milik Bupati Karo (PT Karo Jambi)

 Tangki BBM isi solar yang diamankan Brimob Polda Jambi. Foto batakpos/rosenman manihuruk

 Kasat Brimob Polda Jambi   Kombes Pol Rudi Kristanto MM berikan keterangan kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (23/7/12). Foto batakpos/rosenman manihuruk

Sebanyak 12 drum BBM isi solar dari hasil “kencing” sopir BBM diamankan Brimob Polda Jambi di Markas Brimob Polda Jambi, jalan Lingkar Selatan, Kota Jambi, Senin (23/7/12). Foto batakpos/rosenman manihuruk
Tangki BBM isi solar yang diamankan Brimob Polda Jambi. Foto batakpos/rosenman manihuruk


Jambi, BATAKPOS

Satuan Intel Brimob Polda Jambi berhasil menangkap tangan praktek penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar ilagal (kencing-red) di Kasang, Jambi Timur, Kota Jambi, Senin (23/7/12) pagi. Tiga mobil tangki berisi BBM solar dan 12 drum BBM isi solar berhasil diamankan di Markas Brimob Polda Jambi, jalan lingkar Selatan, Kota Jambi.

Sementara tiga sopir tangki dan kernet juga diamankan untuk dimintai keterangan. Satu dari dua tangki BBM itu adalah milik Bupati Karo, Reukur Karo Jambi Surbakti yang berbendera PT Karo Jambi.  

Kasat Brimob Polda Jambi, Kombes Pol Rudi Kristanto MM kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin(23/7/12) mengatakan, panangkapan BBM solar hasil “kencing” para sopir dan kernet tersebut bermula saat anggota Intel Brimbob mendapat informasi dari masyarakat adanya praktek “BBM Kencing” di kasang Jambi Timur.

“Karena info tersebut akurat, anggota Brimob melakukan penggerebekan. Saat itu telah terjadi pengeluaran BBM solar dari salah satu mobil tangki berkapasitas 5000 Liter ke 12 drum. Kemudian ada tiga tangki BBM dari tiga perusahaan berbeda ikut antri diduga kuat berniat untuk “kencing” juga,”katanya.

Menurut  Rudi Kristanto, saat diakukan penangkapan, satu unit mobil tangki yang sudah “kencing” tersebut berhasil melarikan diri. Sementara tiga unit mobil tangki ISI 5000 liter BH 8399 AJ merek PT Karo Jambi, BH 8066  AQ dari PT.Hang Tuah isi 10.000 liter dan BH 8019 MH isi 20.000 liter merek PT.Carportama Tanggang Jaya.

Sementara mobil tangki yang berhasil lari tersebut diduga kuat dari PT.Karo Jambi. Sementara surat-surat BBM dari ketiga tangki yang diamankan itu dari depot Pertamina Jambi resmi. Kini Brimob Polda Jambi akan melimpahkan kasus tersebut ke Reskrim Umum Polda Jambi.

“Kita hanya mengamankan tangki itu sementara. Namun 12 drum BBm isi solar hasil “kencing” itu dijadikan barang bukti. Semua akan diserahkan ke Mapolda Jambi. Proses  selanjutnya akan dilakukan Mapolda Jambi. Pihak Pertamina Jambi akan melakukan pengukuran isi (Tera) isi tangki ketiga BBM itu. Jika isi tepat dengan Tera Pertamina akan dilepaskan,”katanya. RUK

Tidak ada komentar: