Kamis, 24 Mei 2012

Pramuka Wadah Perekat Nasionalisme Dan Sosial

Pramuka di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Kegiatan Pramuka merupakan sebagai wadah pemersatu bangsa dalam meningkatkan rasa kecintaan terhadap Negara Indonesia. Pramuka juga sebagai wadah menanam nilai nilai sosial dan kemanusiaan.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Ir. Syahrasaddin, selaku Kepala Kwarda Jambi, saat menutup Kegiatan Lomba Tingkat Regu Penggalang Kwarda Gerakan Pramuka Jambi Tahun 2012 (LT IV 2012), di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, Muaro Jambi, Kamis (24/5).

“Rasa ke-Indonesia-an semakin lama semakin memudar. Jadikanlah Pramuka sebagai wadah pemersatu untuk meningkatkan rasa ke-Indonesia-an hari ini dan masa mendatang,”katanya.

 Harapan Pramuka sebagai wadah pemersatu untuk meningkatkan rasa ke-Indonesia-an  Kakwarda menghimbau pengurus Kwartir Cabang Pramuka yang berada di Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jambi mendanai kegiatan Pramuka dalam APBD.

 “Berharap kegiatan Pramuka mendapat bantuan pendanaan yang memadai berasal dari APBD sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka,”katanya.

Selanjutnya Syahrasaddin, menyampaikan kepada Penggalang (peserta lomba) LT IV tersebut dapat dijadikan sebagai bekal hidup dimasa mendatang yang penuh tantangan. “Memenangkan persaingan memerlukan generasi muda yang memiliki kreativitas dan inovasi tinggi yang dilandasi mental dan moral yang kuat dengan menghayati dan mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma agar menjadi generasi muda yang santun dan bermoral tinggi dan menjadi contoh generasi muda dilingkungannya,”katanya.

Ketua Panitia John Eka Powa, pelaksanaan kegiatan LT IV berlangsung selama lima hari 20-24 Mei 2012 kegiatan dapat dilaksanakan sesuai Juknis dan Juklak dan tidak mendapatkan hambatan yang berarti selama penyelenggaraan Lomba Tingkat IV tersebut.

Sementara  pemenang regu putra dengan prestasi tinggi berhasil diraih Regu Octovus dari Kota Jambi sedangkan regu putri diraih regu Piper Betle yang kedua regu tersebut akan dikirim LT V di Cibubur. RUK

Tidak ada komentar: