Senin, 21 Mei 2012

Konfercab PWI Cabang Jambi Berlangsung Biasa Saja



Drs Mursid Sonsang Terpilih Kembali Jadi Ketua PWI Cabang Jambi

 

Sekda Provinsi Jambi Ir Syahrasaddin didampingi Ketua Bidang Organissai PWI Pusat, Attal Depari dan Ketua PWI Cabang Jambi memukul gong tanda dibukanya Konfercab PWI Cabang Jambi Periode 2012-2017 di Hotel Ceria Kota Jambi, Sabtu (19/5). Foto batakpos/rosenman manihuruk
 
Ir Mursid Sondang dan Muhtadi Putra Nusa (kaann) saat hendak pemilihan final Ketua PWI Cabang Jambi. Namun Muhtadi Putra Nusa mundur sebelum pemilihan dilanjutkan.  Foto batakpos/rosenman manihuruk

Jambi, BATAKPOS

Drs Mursid Sonsang (Ketua PWI Cabang Jambi Periode 2008-2012) terpilih kembali jadi Ketua PWI Cabang Jambi Periode 2012-2017, Minggu (20/5). Mursid terpilih secara aklamasi karena rifalnya Muhtadi Putra Nusa (Pemred Jambi TV) mengundurkan diri saat akan dilakukan pemilihan usai lolos penjaringan bakal calon. Sementara Busyafrizal (Kepala Seksi Pemberitaan RRI Jambi) terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI Jambi dalam satu putaran dengan suara terbanyak 43 suara dari tujuh nama yang muncul.

Konfrensi Cabang (Konfercab) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jambi dibuka oleh Sekda Provinsi Jambi Ir Sahrasaddin, Sabtu (19/5) dan dihadiri Ketua Bidang Organissai PWI Pusat, Attal Depari, Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah dan undangan lainnya.

Proses pemilihan Ketua PWI Cabang Jambi berlangsung demokratis. Pertama dilakukan proses penjaringan bakal calon dengan memilih calon dari 139 anggota biasa PWI Cabang Jambi yang memberikan hak suara. Pimpinan Sidang Konfercab pemilihan dipimpin oleh Nalom Siadari ME (Ketua), Amir Syam (Anggota) dan Septimen (Sekretaris).

Dalam proses penjaringan tersebut muncul lima nama dengan perolehan suara yakni Mursid Sonsang 67 suara, Muhtadi Putra Nusa 37 suara, RS Marpaung 12 suara,  Busyafrizal 22 suara dan Mardi Salmi (Antara Jambi) hanya satu suara.

Kemudian dilanjutkan ke tahap pemilihan calon dengan dua suara terbanyak sebagai calon yakni Mursid dan Muhtadi. Namun saat dilakukannya pemilihan, Mursid Sonsang dan salah seorang anggota peserta Konfercab, Saman meminta agar Pimpinan Sidang Konfercab dan Pengurus PWI Pusat melakukan verifikasi kedua calon karena diduga salah satunya ikut pengurus partai politik.

Calon Muhtadi Putra Nusa sempat memberikan keterangan bahwa dirinya tidak anggota partai politik dan dirinya meminta kalau aktif dipartai politik ada surat keputusan partai. Namun hal itu tidak ada dan selanjutnya dilakukan ferifikasi oleh Pengurus PWI Pusat (Attal Depari) dan tim ferifikasi lainnya.

Dari hasil ferifikasi, tidak ditemukan bahwa Muhtadi Putra Nusa aktif sebagai anggota parpol. Sehingga dilanjutkan proses pemilihan Ketua PWI Cabang Jambi antara calon Mursid Sonsang dan Muhtadi Putra Nusa.

Proses pemilihan baru berjalan 10 menit, Muhtadi Putra Nusa meminta waktu untuk memberikan peryataan pengunduran dirinya dari pencalonan. Suasaya Konfercab mendadak ramai dan mempertayakan alasan pengunduran Muhtadi Putra Nusa.

Menurut Muhtadi Putra Nusa, dirinya mundur untuk menjaga ketertiban Konfercab karena suara anggota terbagi dua dan persaingan sangat ketat. Dirinya menyesalkan desakan-desakan Saman (anggota konfercab) yang juga satu group media (Jawa Pos Group) yang ngotot dalam memberikan statemen bahwa Muhtadi pengurus parpol.

“Saya tidak mau ada pertengkaran di Konfercab karena kami sama-sama satu perusahaan dan malu menjadi tontotan. Saya sadar ada pihak-pihak yang menunggangi hal-hal itu sehingga sangat memojokkan saya dalam Konfercab tersebut,”katanya.

Sementara itu proses pemilihan Ketua DKD PWI Jambi berjalan satu putaran dengan syarat terpilih suara terbanyak. Jumlah suara pemilihan DKD berjumlah 112 pemilih dan masing-masing yang mendapat suara yakni Busyafrizal 43 suara, Nalom Siadari 40 suara, RS Marpaung 25 suara.

Penutupan Konfercab PWI Cabang Jambi dilakukan setelah penyusunan Formatur Pengurus PWI dan DKD PWI Jambi. Konfercab ditutup dengan pengukuhan Ketua PWI Cabang Jambi terpilih dan Ketua DKD PWI Cabang Jambi terpilih.

Ketua Penasehat PWI Jambi Daniel Sijan dan salah seorang dari tujuh pendiri PWI Cabang Jambi yang masih hidup, Akang Mahmud mengatakan, ketua PWI Jambi harus benar-benar menjalankan tugas sebagaimana yang diamanatkan dalam PDPRT.

Daniel Sijan juga berpesan kepada ketua PWI Cabang Jambi terpilih, agar terus melanjutkan pembangunan perumahan PWI Jambi yang kini prosesnya sudah 70 persen serta merangkul seluruh anggota PWI Cabang Jambi danselalu menjalin silaturahmi. RUK

Ketua Panitia Konfercab Mardi Salmi .Foto-foto Rosenman Manihuruk (Asenk Lee saragih)

 


 
  Ketua Bidang Organissai PWI Pusat, Attal Depari
 Kabid Humas Polda Jambi AKBP Almansyah






Pimpinan Sidang Tatib Konfercab PWI Cabang Jambi Periode 2012-2017

Pimpinan Sidang Konfercab PWI Cabang Jambi Pemilihan Ketua PWI dan DKD Periode 2012-2017.(Foto Bawah)

Proses perhitungan suara bakal calon Ketua PWI Cabang Jambi Periode 2012-2017. Foto-foto Rosenman Manihuruk (Asenk Lee saragih) . (Foto bawah : Verifikasi Dua Calon Ketua Bebas dari Parpol)
 

Tim Verifikasi kal calon Ketua PWI Cabang Jambi. Foto batakpos/rosenman manihuruk


Tidak ada komentar: