Rabu, 18 April 2012

Sekda Prov Jambi Minta UN Hasilnya Berkualitas

Pelaksanaan UN di Jambi Tertib

Jambi, BATAKPOS

Tinjau : Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Ir. Syahrasaddin (kanan) saat meninjau pelaksanaan UN hari pertama tahun 2012 tingkat SMA dan SMK di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kota Jambi, Senin (16/4) pagi. UN di sekolah itu berlangsung tertib. Foto batakpos/rosenman manihuruk.


Pengarahan : Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Ir. Syahrasaddin, saat memberikan pengarahan kepada pengawas dan pihak sekolah saat meninjau pelaksanaan UN hari pertama tahun 2012 tingkat SMA dan SMK di SMK Negeri 4 Kota Jambi, Senin (16/4) pagi. Sekda meminta UN di Provinsi Jambi berkualitas dan tidak cacat oleh praktek kecurangan. Foto batakpos/rosenman manihuruk.


Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Ir. Syahrasaddin, M. Si, meminta pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan SMK di Provinsi Jambi lebih berkualitas dengan mengedepankan Motto “ Jujur Berprestasi”. Dirinya juga meminta agar pelaksanaan UN di Provinsi Jambi tidak cacat dengan adanya praktek-praktek kecurangan.

Hal itu dikatakan Syahrasaddin saat meninjau pelaksanaan UN hari pertama tahun 2012 tingkat SMA dan SMK di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kota Jambi, Senin (16/4) pagi. UN berlangsung dari tanggal 16 hingga 19 April 2012. Dalam peninjauan itu, Sekda didampingi Kadis Pendidikan Provinsi Jambi Drs. H. Indham Kholid, ME.

Rombongan Sekda Provinsi Jambi diterima Kepala SMK N 4 Kota Jambi, Aminuddin, Spd, M.Pd bersama Koordinator pengawas UN SMA dan SMK, Arinaldi. Penyelenggaraan UN di SMK N 4 berjalan lancar dan tertib, sebagaimana disampikan Kepala SMKN 4 Amirudin.

Menurutnya, sebanyak 284 siswa semua peserta dapat mengikuti ujian dengan baik, 40 orang diantaranya peserta laki-laki, dibagi dalam 15 lokal.

Di SMA Negeri 1 Sekda disambut Kepala Sekolahnya Nur Hamid Hadi, S. Pd, hadir juga tim pengawas dari Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, DR. H. Amin Priatna, M. Si, bersama tim pengawas dari perguruan tinggi di Jambi.
Peserta ujian di SMAN 1 Kota Jambi berjumlah 231 orang dan semuanya dapat melaksanakan ujian dengan baik, yang dibagi dalam 13 lokal, empat lokal jurusan IPS dan sembilan lokal jurusan IPA.

Sekda Syahrasaddin, mengatakan, penyelenggaraan secara teknis kedalam cukup baik, namun masih perlu adanya perbaikan, diantaranya, untuk hari mendatang diharapkan siswa agar membawa papan alas untuk menjawab soal-soal ujiannya, karena setiap sekolah mejanya tidak memiliki setandar yang sama.

“Kita harapkan kepada para siswa untuk hari berikutnya agar membawa papan untuk alas lembar jawaban. Karena setiap sekolah tidak memiliki meja yang standar, kasihan bagi siswa yang menjawab soal dengan melingkari ternyata tidak pas sebagaimana yang diharapkan, ini akan merugikan siswa,” katanya.

Disebutkan, kedepan agar ada perbaikan pada Lembar Jawaban Ujian (LJU), karena LJU tahun ini terlihat kuwalitasnya kurang baik, dimana pagi ini sesuai informasi dari pengawas, sudah ada beberapa siswa yang menghapus jawabannya dan LJU-nya robek.

“Kita meminta LJU, tidak seperti LJU waktu-waktu yang lalu, karenanya kedepan diharapkan LJU-nya minimal sama dengan tahun-tahun sebelumnya,”kata Sekda.

H. Amin Priatna, menyampaikan, bahwa berdasarkan pengamatannya, pelaksanaan ujian yang dipantaunya berjalan dengan baik, lancar dan sebagaimana yang diharapkan.

Berkaitan dengan LJU sebagaimana yang disampaikan Sekda itu memang benar adanya, karenanya ini sudah langsung dikoordinasikan dengan pihak penyelenggara, dan minta untuk waktu mendatang agar disediakan LJU yang baik.

“Demikian juga dengan daftar hadir yang saat ini menyatu dengan berita acara, tidak sebagaimana tahun-tahun sebelumnya antara daftar hadir dengan berita acaranya terpisah. Setelah diteliti ternyata sesuai dengan kontraknya, namun kedepan ini diharapkan tidak menyatu seperti tahun ini tetapi kembali seperti tahun-tahun sebelumnya,”katanya. RUK

Tidak ada komentar: