Minggu, 25 Maret 2012

Gubernur Jambi Serahkan Bantuan Untuk Korban Putting Beliung

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) memberikan bantuan kepada masyarakat korban angin puting beliung di Kecamatan Mersam dan Kecamatan Beliung, bertempat di posko bantuan korban angin puting beliung di Desa Sengkati Kecil, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari, Kamis (22/3) siang.

Pada Selasa, (20/3) pukul 17.15 terjadi angin puting Beliung di Kecamatan Mersam dan Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari. Sebanyak 297 rumah rusak dan sejumlah warga korban luka-luka. Kerugian diperkirakan Rp321.587.000.

Gubernur memberikan bantuan kepada masyarakat korban angin puting beliung melalui Wakil Bupati Batanghari, Sinwan. Bantuan yang diberikan gubernur adalah uang senilai Rp200 juta, 10 kodi seng, 30 Kg paku seng, 180 sak beras, ikan sarden 10 kaleng per kk, 95 kaleng roti kaleng (1 kaleng per kk), dan 95 helai selimut.

HBA menghimbau seluruh masyarakat korban angin puting beliung untuk cepat istifar dan bersabar, serta bisa ambil hikmah dari kejadian yang dialami. Gubernur juga mengingatkan masyarakat untuk rajin sembahyang.

HBA yang juga mantan Camat Mersam ini mengatakan bahwa dirinya merasa terpanggil untuk cepat datang ke Mersam setelah mendapat informasi tentang bencana puting beliung tersebut, karena dia merasa masyarakat Mersam adalah keluarga besarnya. “Masyarakat Mersam adalah keluarga besar saya dan Mersam juga bagian dari karir saya,”katanya.

Kata HBA, data awal yang diterimanya 95 rumah yang rusak, tetapi ternyata 297 rumah, namun kalau bantuan sembako nanti akan ditambah, kalau untuk uang sudah cukup. Untuk kerusakan rumah relatif karena ada juga yang hanya rusak satu atau dua lembar seng.

“Tetapi partisipasi kita selaku pemerintah kepada masyarakat harus kita tunjukkan dengan bantuan yang bisa kita berikan kepada mereka. Untuk kerusakan kebun (karet), gubernur meminta kepada bupati dan camat untuk menginventarisirnya, nanti apa yang bisa kita bantu kita bantu, mungkin bibit,”ujar HBA.

Wakil Bupati Batanghari, Sinwan dalam sambutannya, menyampaikan hal yang senada dengan apa yang disampaikan gubernur, yakni agar masyarakat korban angin puting beliung tabah dan tegar dalam menghadapi kejadian tersebut.

Sinwan menuturkan jumlah rumah yang rusak akibat angin puting beliung di Kecamatan Mersam dan Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari pada Selasa, 20 Maret 2012 yang lalu, di Kecamatan Mersam meliputi Desa Kembang Paseban, jumlah rumah rusak 22 unit, Kembang Tanjung 19 unit, Sengkati Kecil, 113 unit, Sengkati Baru, 128 unit, Sengkati Gedang, 3 unit, Teluk Melintang, 3 unit dan Desa Pematang Gadung, jumlah rumah rusak 9 unit. Kemudian di Kecamatan Pemayung ada Desa Kubu Kandang, jumlah rumah rusak 1 unit.

Menurut Sinwan, jumlah kerugian diperkirakan Rp321.587.000. Turut hadir dalam acara pemberian bantuan tersebut, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Sekda Provinsi Jambi, Kepala Biro Humas dan Protokol, Kepala Biro Umum, dan Kepala Biro Kesramas Setda Provinsi Jambi, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Sosnakertrans, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Provinsi Jambi, Sekretaris Daerah Batanghari, Dandim Batanghari, serta para undangan lainnya. RUK

Tidak ada komentar: