Senin, 07 November 2011

Perayaan Idul Adha di Jambi, Seluruh Masjid Melakukan Penyembelihan Hewan Qurban

Adil : Warga Jemaah Masjid An-Nur, Kelurahan Bagan Pete, Kotabaru Jambi membagi-bagikan daging qurban secara adil. Tampak seorang warga tengah membagi-bagi tulang sop qurban tersebut, Minggu (6/11). Foto batakpos/rosenman manihuruk.

Jambi, Batak Pos

Perayaan Idul Adha atau lebih dikenal hari Lebaran Haji yang jatuh pada Minggu (6/11) lebih berpengaruh bagi umat Muslim di Jambi daripada Hari Raya Idul Fitri. Hampir setiap Masjid di Kota Jambi melakukan pemotongan qurban. Kemudian seluruh pasar di Kota Jambi tutup dan jalan-jalan umum pada lengan. Seluruh umat terkonsentrasi di Masjid dalam pemotongan hewan qurban.

Selain saling memaafkan dan berkurban momen Hari Raya Idul Adha, warga Jambi juga melakukan ziarah kubur. Di beberapa lokasi pemakaman umum di Kota Jambi, tampak keluarga peziarah membersihkan makam dan membacakan doa-doa bagi keluarga mereka yang sudah meninggal.

Pengamatan BATAKPOS menunjukkan, hampir disetiap Masjid dalam Kota Jambi Minggu (6/11) menyelenggarakan pemotongan hewan qurban. Bahkan, dalam satu masjid, terdapat dua hingga 10 ekor hewan qurban, baik sapi, kerbau, maupun kambing. Masjid An-Nur, Kelurahan Bagan Pete misalnya, masjid ini menyelenggarakan pemotongan hewan qurban sebanyak satu ekor sapi dan empat ekor kambing.

Hewan qurban ini didapat dari berbagai bentuk, baik berupa iuran bulanan antar masing-masing orang yang ingin berqurban, maupun sumbangan langsung secara pribadi dari warga. Selain itu, ada juga sumbangan langsung dari para pengusaha, partai politik maupun kepala daerah.

Pada Idul Adha kali ini, Walikota Jambi dr H Bambang Priyanto menyumbangkan empat ekor sapi yang diserahkan kepada masyarakat, di berbagai masjid. Seperti masjid Miftahul Jannah Simpang 16, Masjid Al Kahfi Jambi seberang Kota Jambi, di Jelutung, Masjid Kurnia.

Sementara Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) beserta SKPD, menyumbangkan 10 ekor sapi ke Masjid Agung Al Falah Jambi. Dari masyarakat sendiri, di Masjid An-Nur, Kelurahan Bagan Pete misalnya, masjid ini menyelenggarakan pemotongan hewan qurban sebanyak satu ekor sapi dan empat ekor kambing.Sedangkan di Masjid Nurut Taqwa, Kelurahan Paal Lima, Kecamatan Kotabaru memotong enam ekor sapi.

Hal serupa juga tampak di masjid Babul Fatah, 16, Kota Jambi, memotong hewan qurban, hasil sumbangan langsung jama’ahnya. Hampir seluruh Masjid di Kota Jambi melakukan hal serupa.

Kemudian, suasana pasar Tradisional seperti Pasar Angso Duo Jambi, Talang Banjar, Keluarga, TAC, Jelutung Minggu (6/11) pagi tampak sepi. Namun saat perayaan Idul Fitri Susana pasar masih ada aktifitas, namun Idul Adha pasar tidak berdenyut oleh aktivitas jual beli.






Gubernur Open House

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) melakukan open house usai pelaksanaan sholat Idul Adha di Masjid Al Falah, Kota Jambi. Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyempatkan diri melihat pemotongan hewan Qurban di halaman masjid tersebut.

Dari masjid, HBA meluncur ke Rumah Dinas dan menerima warga yang bersilaturrahmi dengannya. Selain warga, dalam acara open house ini, tampak juga beberapa orang kepala SKPD dan tokoh masyarakat Jambi seperti Walikota Jambi Bambang Priyanto, mantan Walikota Jambi Arifien Manap dan Rektor Unbari Fachrudin Rozi.

“Gubernur Jambi memang tidak mengkhususkan open house pada satu lokasi, namun dia (gubernur) membuka lebar-lebar pintu rumah dinas untuk warga. Memang khusus open house tidak, tapi siapapun yang dating diterima,”ujar ajudan HBA, Ridwan.

Gubernur Jambi merasa bersyukur karena banyak warga yang melaksanakan qurban di hari raya Idul Adha tahun ini. “Kita bersyukur banyak warga yang melaksanakan qurban. Salah satu bentuk aplikasi dari qurban tersebut adalah kepedulian sesama masyarakat. 'Yang kaya peduli yang miskin dan saling sayang menyayangi,”katanya.

Sementara itu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyembelih 35 ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Jumlah 35 ekor ini merupakah keseluruhan sapi qurban yang disembelih di 11 Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi.

“Hari ini kita menyembelih 35 sapi qurban yang tersebar di semua DPD PKS di Provinsi Jambi. DPD Kota Jambi saja menyembelih 12 ekor sapi dan 30 ekor kambing. Sebanyak 7 ekor sapi dan 3 ekor kambing disembelih di DPD, sisanya disembelih di tempat-tempat yang tidak ada qurban. Sebagian kita sembelih di daerah minus. Ini kita lakukan agar daging qurban juga dinikmati warga kurang mampu yang luput dari perhatian kita selama ini,”kata Henri Masyhur, Ketua DPW PKS Provinsi.

Sedangkan Polda Jambi menyembelih 10 ekor hewan Qurban, yaitu enam ekor sapi dan empat ekor kambing. Sepuluh ekor hewan qurban ini berasal dari Kapolda Jambi Brigjen Pol Anang Iskandar sebannak satu ekor sapi.

Mantan Kapolda Jambi Brigjen Pol Bambang Suparsono dua ekor sapi. Kemudian Kompol Bowo satu ekor sapi, AKP Diah Setyorini satu ekor sapi, gabungan staf Ro SDM, Sarpras dan Bid Dokkes satu ekor sapi.

Kemudian, Kabidku Polda Jambi AKBP Candra Gunawan satu ekor kambing, AKBP Wawan satu ekor kambing dan dari Dir Lantas Polda Jambi AKBP Nasri W juga satu ekor kambing.

Kabid Humas Polda Jambi AKBP Almansyah mengatakan, dari 10 ekor hewan kurban ini, disediakan 500 lembar kupon. “Kupon-kupon ini akan diberikan kepada PHL Polda Jambi dan masyarakat sekitar. Pemotongan hewan Qurban dimulai dengan penyerahan hewan kurban dari Kapolda Jambi kepada panitia Qurban,”katanya. RUK

Tidak ada komentar: