Senin, 22 Agustus 2011

Jejak Safari Ramadhan Gubernur Jambi di Kabupaten Merangin


Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus MM memberikan sumbangan secara simbolis.

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) dan jajaran pemerintahan Provinsi Jambi melaksanakan Safari Ramadhan dengan Unsur Pemerintah, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kabupaten Merangin, Sabtu (20/8/11) bertempat di Mesjid Besar Attaqwa di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Tabir, Merangin.

HBA mengatakan, pemerintah, sektor swasta, dan civil society/masyarakat sipil merupakan tiga aktor yang tidak bisa dipisahkan dalam pencapaian tujuan pembangunan. Ketiganya saling berkaitan, dan, seyogianya pula saling mengisi dan saling menopang untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan.

Maka dari itu, kebersamaan pemerintah dengan masyarakat luas (sektor swasta dan civil society) perlu dibina dan ditingkatkan, sebagai modal dan sumberdaya yang sangat penting dalam pembangunan.

Bertalian dengan pentingnya peningkatkan kebersamaan pemerintah dan masyarakat itulah, maka Kebersamaan pemerintah dengan masyarakat itu pula yang menjadi inti dari sambutan dan arahan gubernur dalam Safari Ramadhan tersebut.

Gubernur mengungkapkan bahwa ia sangat memahami berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat di Provinsi Jambi dan di Kabupaten Merangin, terutama persoalan infrastruktur (khususnya jalan), ketersediaan energi listrik, pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja.

Disebutkan, persoalan-persoalan tersebut juga merupakan beban baginya, yang kemudian ditimpalinya dengan menegaskan bahwa ia dan seluruh jajarannya berupaya mengatasi berbagai permasalahan masyarakat tersebut.

Salah satu cotoh yang dikemukakan gubernur adalah membangun Jalan Jangkat dengan dana multi years/tahun jamak, dengan biaya sebesar Rp 240 miliar. Keputusan untuk membangun jalan Jangkat dengan proyek multi years tersebut, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memajukan Kabupaten Merangin pada umumnya dan Jangkat pada khusunya.

“Apalagi Jangkat memiliki potensi besar dalam pertanian, dan pembangunan itu juga sebagai bukti kepedulian gubernur kepada masyarakat (Merangin),”katanya.

Gubernur juga menjelaskan secara singkat berbagai upaya yang ia lakukan beserta segenap jajarannya dalam pembangunan Provinsi Jambi, terutama bagi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) diantaranya bedah rumah dan sertifikat gratis, beasiswa, dan jaminan kesehatan masyarakat.

“Keseluruh langkah tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saya juga menghimbau masyarakat agar memahami bahwa pencapaian tujuan pembangunan itu membutuhkan proses, tidak dapat diraih sesaat atau dalam waktu singkat. Saya menghimbau masyarakat untuk mendukung pembangunan, baik di Kabupaten Merangin maupun di Provinsi Jambi. “Terwujudnya Visi Jambi EMAS dimulai dari Merangin MAKMUR,” katanya.
HBA memberikan bantuan untuk pembangunan mesjid sebesar Rp 20.000.000 (duapuluh juta rupiah). Bupati Merangin juga turut memberikan bantuan untuk pembangunan mesjid senilai Rp 2.000.000 (duajuta rupiah) dan sebuah Al-Qur’an.

Bupati Merangin, Nalim, SH, MM, mengatakan, agar pemerintah dan masyarakat Merangin semakin kompak dalam membangun dan memajukan Merangin (Bumi Tali Undang Lambai Teliti).

Usai penyampaian sambutan dari Gubernur Jambi dan Bupati Merangin, Ustad Sahmin Batubara memberikan tausiah. Sebelum Safari Ramadhan tersebut, sebelumnya diadakan buka puasa bersama dan sholat berjama’ah Gubernur Jambi dan jajaran pemerintahan Provinsi Jambi dengan Bupati Merangin dan jajaran pemerintahan Kabupaten Merangin dan tokoh agama serta tokoh masyarakat Merangin , di rumah dinas Bupati Merangin.

Dari Pemerintah Provinsi Jambi, turut hadir dalam Safari Ramadhan itu, Kepala Dinas (Kadis) Pendapatan daerah, Ali Redo; Kadis Pekerjaan Umum, Ivan Wirata; Kepala Biro Keuangan, Muhammad Rawi; Kepala Biro Umum, Alharis; Kepala Biro Kesramas, Sofwan Nuri. ruk

Tidak ada komentar: