Kamis, 31 Maret 2011

Mahasiswa IAIN Jambi Gugat Menteri Agama

Jambi, BATAKPOS

Ratusan mahasiswa IAIN STS Jambi melakukan unjukrasa di DPRD Provinsi Jambi dan Kantor Gubernur Jambi, Rabu (30/3). Mahasiswa tersebut menggugat Menteri Agama RI karena mengeluarkan SK Menteri Agama tentang PJS Rektor IAIN STS Jambi, bukan melantik Rektor Terpilih Prof Dr Mukhtar Latief MPd.

Mahasiswa dalam orasinya menyatakan sikap, agar segera dilantik Rektor IAIN STS Jambi terpilih tanpa pemilihan ulang berdasarkan hasil pemilihan senat tertanggal 28 Juni 2010, tolak Pjs Rektor IAIN STS Jambi, Prof Dede Rusyada, Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Jakarta, versi Menteri Agama.

“Kita menolak pemilihan ulang Rektor IAIN STS Jambi, selamatkan Pendidikan Provinsi Jambi dan tolak intervensi politik terhadap dunia pendidikan,”katanya.

Dalam aksi unjukrasa di dua tempat tersebut, sempat terjadi saling dorong antara mahasiswa dengan polisi. Mahasiswa menduga telah terjadi pembusukan-pembusukan yang dilakukan orang-orang tertentu.

Hal ini menurut mahasiswa, sangat berbahaya bagi stabilitas kampus IAIN STS Jambi dan harus segera diselesaikan. Selain itu, mahasiswa juga menuding, proses demokrasi di kampus IAIN telah dipolistisir sedemikian rupa, sehingga permasalahan ini makin berkembang luas. Salah satu contoh kongkrit disampaikan mahasiswa pada aksi itu adalah upaya penjegalan pelantikan rektor baru. ruk

Tidak ada komentar: