Minggu, 26 Desember 2010

Penderita HIV/AIDS di Provinsi Jambi 435 Kasus

Jambi, BATAKPOS

Jumlah penderita HIV/AIDS di Provinsi Jambi sejak tahun 1999 hingga akhir tahun 2010 secara kumulatif tercatat sebanyak 435 kasus. Sebanyak 213 kasus terinfeksi HIV dan 222 kasus sudah masuk fase AIDS. Dari jumlah tersebut, sebanyak 85 orang meninggal dunia.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, saat membuka pertemuan koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Jambi, di ruang Dara Jingga Bappeda Provinsi Jambi, Selasa (21/12).

Disebutkan, kondisi tersebut kini sungguh mengkhawatirkan, terlebih lagi sudah ditemukan pula 1 kasus pada ibu rumah tangga dan balita. Data itu merupakan kondisi berdasarkan laporan resmi yang masuk, sementara diduga masih banyak kasus yang tidak dilaporkan.

“Khususnya yang dalam tahapan terinfeksi HIV/AIDS dikarenakan malu, takut atau ketidak-tahuan/ketidakmengertian pengidap, dan lain sebagainya. Kita khawatirkan penderita yang tidak terdeteksi ini akan mudah menyebar ketengah tengah masyarakat tanpa terpantau oleh lembaga-lembaga yang berkompeten seperti Komisi Penanggulangan AIDS ini,”kata Fachrori.

Wagub Jambi menghimbau, mengingat perkembangan penyakit ini yang relative cepat maka perlu adanya penanggulangan yang terkoordinasi secara intensif, menyeluruh dan terpadu yang melibatkan semua elemen pemerintah dan swasta.

Dirinya juga mengingatkan agar dibentuknya KPA di berbagai kabupaten/kota di Provinsi Jambi, diharapkan kegiatan penanggulangan HIV/AIDS dapat terkoordinir dengan baik. ruk

Tidak ada komentar: