Minggu, 26 Desember 2010

Pelindo II Didesak Selesaikan Pelabuhan Muarasabak

Jambi, BATAKPOS

DPRD Provinsi mendesak PT Pelindo II untuk segera menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Muarasabak. Pembangunan jalan dan jembatan menuju Pelabuhan Muarasabak yang telah dibangun merupakan infrastruktur yang sangat dibutuhkan untuk perekonomian Jambi. Namun hingga kini pembangunan pelahuban itu masih terkatung-katung.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Halim (PDIP) Selasa (21/12) mengatakan, Pelindo II mempunyai kesempatan untuk mengembangkan pelabuhan di kawasan tersebut.

“Apalagi Pelabuhan Roro di Kuala Tunggkal juga belum difungsikan. Pembangunan proyek Pelabuhan Muarasabak menjadi tanggung jawab Pelindo II setelah ada kesepakatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi,”katanya.

Disebutkan, kesepakatan tersebut berisi tukar guling kawasan. Kawasan Pelindo II yang kini berdiri bangunan Mall WTC itu, sudah ditukar guling dengan kawasan pelabuhan Muarasabak. Artinya Pelindo II bertanggung jawab untuk membangun kawasan tersebut.

Akses jalan juga sudah mengalami peningkatan. Ia mencontohkan seperti akses melalui Jembatan Batanghari II, yakni jalan sepanjang 65 kilometer sudah bisa dipergunakan.

Terpisah, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) mengatakan, pihak Pelindo II masih melakukan pembangunan pelabuhan. Dalam laporan terakhir yang ia terima, Pelindo sudah melakukan perluasan pembangunan. Pelindo II sedang melakukan perluasan kawasan seluas 50 meter persegi. HBA juga berharap pembangunan ini cepat diselesaikan setelah terlunta-lunta 8 tahun terakhir. ruk

Tidak ada komentar: