Senin, 25 Oktober 2010

Suku Anak Dalam di Sarolangun Dapat Pengobatan Gratis

Jambi, BATAKPOS

Sebanyak 60 orang Suku Anak Dalam (SAD) yang bermukil di Desa Makekal Hulu, Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) Merangin, Provinsi Jambi mendapatkan pengobatan gratis dari tim kesehatan Puskesmas Muara Delang, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin.

Humas KKI Warsi Jambi, Reny, Jumat (22/10) mengatakan, tim dipimpin langsung Kepala Puskesmas Muara Delang, Merangin, Sutrisno. Mereka membawa dua orang mantri dan segenap obat-obatan ke dalam rimba (hutan).

Tim Medis Puskesmas Muara Delang turun ke hutan setelah mendapat laporan dari Pengendum dan Mijak, pemuda orang rimba setempat bahwa ditempat mereka seminggu terakhir banyak yang sakit parah, mulai dari Ispa, malaria, batuk dan demam.

Di dalam rimba, tim berhasil mengobati sekitar 60 orang rimba di daerah tersebut, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pengobatan itu merupakan pengobatan ini gratis.

Disebutkan, dari pengakuan Mijak, akhir-akhir ini memang banyak sekali orang rimba yang sakit, karena musim yang tidak menentu, serangan penularan penyakit juga sangat cepat.

Mijak dan Pengendum berharap, petugas kesehatan masuk rimba ini dapat dilakukan secara rutin seminggu sekali. Alasannya karena dirimba anak rimba ini juga memerlukan pelayanan kesehatan seperti umumnya masyarakat yang ada di desa. ruk

Tidak ada komentar: