Senin, 11 Oktober 2010

4.000 Spesies Flora dan Fauna Terdapat di TNKS

Jambi, BATAKPOS

Sedikitnya 4.000 spesies flora dan fauna saat ini berdiam di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Keberadaan spesies ini menjadi pusat wisata sekaligus daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik dan luar negeri untuk berkunjung ke kawasan yang teletak di Kabupaten Kerinci ini.

Saat ini di dalam TNKS terdapat 139 jenis burung, 36 jenis mamalia, 10 jenis reptilian, 6 jenis ampibia, dan 8 jenis primata. Dari semua jenis fauna tersebut, diantaranya ada yang dilidungi dari kepunahan, seperti Badak Sumatera (dicerorhinus sumatransis), Kambing Hutan (capricornis sumatransis), Harimau Sumatera (phantera tiger sumatransis) dan Gajah Sumatera (elepaa maximus sumttransis).

Hal tersebut dikatakan Bupati Kerinci H Murasman di Jambi, Jumat (8/10). Menurut Murasman, terdapat berbagai jenis flora yang jumlahnya mencapai 4.000 spesies, spesifik diantaranya yakni pinus mercusi strain Kerinci, kayu pacet yang memiliki warna yang sangat menarik. Kemudian bunga reflesia atau bunga bangkai yang merupakan bunga tertinggi di Dunia.

“Sejumlah kekayaan flora dan fauna tersebut merupakan kekayaan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Kerinci, dimana kekayan alam tersebut selalu dilindungi oleh pemerinatah serta TNKS,” katanya.

Pihaknya juga meminta pihak Balai TNKS agar tetap menjaga dan mengawasi perburuan liar satwa dilindungi di kawasan TNKS. Pihaknya siap membantu Balai TNKS dalam mengamankan flora dan fauna di TNKS. ruk

Tidak ada komentar: