Selasa, 27 Juli 2010

Mahasiswa Asal Sumut Kesulitan Cari Tempat Kost di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Ratusan mahasiswa/I asal Sumatera Utara kini kesulitan mencari tempat tinggal (kost) di wilayah sekitar Kampus Universitas Jambi (Unja) Mandalo Darat, Kabupaten Muarojambi. Tempat kost yang tersedia di wilayah kampus Unja kurang mampu menampung calon mahasiswa yang diterima di Unja tahun ini.

“Sulit sekali mencari tempat kost di wilayah Kampus Unja Mendalo, Muarojambi. Tempat kost sangat terbatas yang bias ditempuh jalan kaki untuk pergi ke kampus. Memang kita kesulitan mencari tempat kost di sekitar kampus ini,”ujar Ny Purba/br Damanik, ibunda Noan Purba, calon mahasiswa Unja Fakultas FKip Bahasa Inggris kepada BATAKPOS di Unja Mendalo Darat, Muarojambi, Senin (26/7).

Menurut Ny Purba/br Damanik, anaknya Noan Purba lulusan dari SMA di Siantar dan diterima di Unja. Mereka tiba di Jambi Minggu dan mendaftar ulang di Unja Mandalo.

“Memang kita kesulitan mencari tempat kost, khususnya untuk pria. Harga rata-rata kamar kost dari harga Rp 800 ribu hingga Rp 3 juta per tahun. Sepekan ini saya harus mendampingi anak saya untuk mencari tempat kost,”katanya.

Hal senada juga diakui Madu Purba, mahasiswa Unja semester X Fakultas FKIP Ekonomi. Menurutnya, tempat kost untuk mahasiswa asal Sumatera Utara memang sulit.

“Mahasiswa terpaksa tiga sekamar karena tidak adanya tempat kost. Kalaupun ada tempat kost banyak dikhususkan untuk putri. Jadi untuk kost pria memang cukup sulit,”katanya.

Seorang pemilik rumah di sekitar kampus Unja Mandalo, Kemalasari br Sinaga kepada BATAKPOS mengatakan, dirinya membeli rumah di sekitar kampus hanya untuk dikontrakkan kepada mahasiswa.

“Kita beli rumah disekitar kampus itu sebagai investasi saja. Rumah tersebut ada dua kamar. Satu kamar kita tawarkan Rp 2 juta per kamar per tahun. Jarak dari rumah sekitar 2 kilometer dari kampus,”katanya.

Beberapa calon mahasiswa asal Sumut mengaku kesulitan mencari tempat kost di sekitar kampus Unja Mandalo, Muarojambi. Calaon mahasiswa tersebut terpaksa masih mondok di rumah kerabat asat saudara di Kota Jambi hingga adanya tempat kost di Kampus Unja Mandalo. ruk

Tidak ada komentar: