Kamis, 01 Juli 2010

Kota Jambi Paling Banyak Golput Pemilukada Provinsi Jambi

Jambi, BATAKPOS

Sikap apatis warga pemilih di Kota Jambi terhadap pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) ternyata paling tinggi. Angka golongan putih (golput) Pemilukada Provinsi Jambi 19 Juni lalu mencapai 152.650 mata pilih dari 402.307 daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Jambi. Angka patsisipasi masyarakat di Kota Jambi memilih 250.025 orang atau hanya 62,15 persen.

Ketua KPU Kota Jambi Ratna Dewi, Jumat 25/6) mengatakan, tigkat partisipan ini lebih rendah dibanding Pemilu Legislatif, Pilpres dan Pemilukada Walikota tahun lalu. Dirinya juga membantah kalau sosialisasi KPU dalam Pemilukada Gubernur Jambi Periode 2010-2015 itu kurang maksimal.

”Tingginya angka warga yang tidak mencoblos disebabkan banyak factor. Misalnya pekerjaan, bertepatan hari libur. Pencoblosan hari Sabtu, untuk beberapa kelompok masyarakat adalah hari libur. Jadi mereka lebih mementingkan libur keluar daerah atau luar negeri. Sementara bagi buruh atau kuli, hari Sabtu mereka gajian,” ujar Ratna.

Disebutkan, KPU Kota Jambi telah memplenokan hasil rekap suara dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Rapat pleno menetapkan calon gubernur no urut 2, Hasan Basri Agus-Fahrori Umar (HBA-Fahrori) berhasil mengungguli kandidat lainnya.

Rekapitulasi Pleno KPU Kota Jambi, pasangan Zulfikar Achmad-Ami Taher (ZA-AMI) mendapat 19.938 suara, HBA-Fachrori 123.797 suara, Madjid Muaz-Abdulah Hich (MM-Hich) 63.523 suara dan pasangan Safrial-Agus Setyonegoro 32.188 suara.

Secera terpisah, Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin secara eksplisit mengakui kemenangan pasangan HBA-FU yang diusung Demokrat, Golkar dan PDK. Menurutnya, kemenangan HBA-FU merupakan kehendak rakyat. Dia meminta semua masyarakat untuk mendukung pasangan tersebut.

‘’Sudah saya katakan, siapapun yang menjadi pemenang harus kita dukung beramai-ramai. Saya berharap tidak ada pihak-pihak yang melakukan protes tanpa alasan dan bukti yang kuat. Kalau tanpa bukti-bukti yang benar, janganlah melakukan protes. Dan sampai sekarang saya lihat tidak ada yang melakukan protes, semoga Pemilukada Provinsi Jambi berlangsung aman,’’ katanya. ruk

Tidak ada komentar: