Selasa, 27 Juli 2010

Jelang Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 3 Agustus 2010

Calo Penempatan Pejabat Sibuk Melobi

Jambi, BATAKPOS

Jelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi terpilih hasil Pemilukada Provinsi Jambi 19 Juni 2010 lalu, Hasan Basri Agus-Fachrori Umar, 3 Agustus mendatang, banyak calo penempatan pejabat kini “sibuk” melobi para pejabat yang mau duduk jadi kepala dinas atau bertahan diposisi semula.

Kini para calo yang pada umumnya dari tim sukses HBA-FU mulai sibuk melobi para kepala dinas untuk posisinya dipertahankan. Bahkan ada juga calo yang menjanjikan kepada pejabat untuk menduduki posisi jabatan strategis.

Ketua Dewan Pemenangan HBA-FU, Asnawi Nasution saat dikonfirmasi, Rabu (21/7) tidak menampik hal tersebut. Menurutnya, informasi calo penempatan pejabat yang mengatasnamakan tim sukses HBA-FU, memang ada.

Namun dirinya meminta agar para pejabat tak perlu resah dengan oknum-oknum yang mencari keuntungan dari Pemilukada Provinsi Jambi tersebut. Pihaknya menjamin HBA-FU akan menempatkan pejabat yang kredibel dan professional dibidangnya.

Sementara rumor yang beredar terkait dengan para partai pengusung HBA-FU akan menitipkan orang tertentu untuk menjadi kepala dinas dalam kabinet HBA, dibantah oleh

Ketua DPW PKS Hendri Mansyur, Ketua Koalisi Partai Pengusung HBA-FU, Efendi Hatta (PD) dan Ketua DPD I Golkar Provinsi Jambi Zoerman Manap.

Hendri Mansyur mengatakan partai penggusung tidak mempunyai wewenang dalam menitipkan kepala dinas. Disebutkannya, untuk menentukan siapa kepala dinas yang akan menduduki jabatannya nanti itu merupakan hak penuh gubernur.

Efendi Hatta dari partai Demokrat juga mengatakan hal senada. Dirinya mengatakan nanti terserah gubernur siapa yang akan dipilihnya menjadi stafnya. Menyoal siapa pejabat pembantunya, gubernur terpilih akan menempatkannya sejalan dengan visi dan misinya.

Hal senada juga dikemukakan Zoerman Manap. Menurutnya, penempatan seorang pejabat harus melalui prosedur Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat) Provinsi Jambi. Kewenangan finalnya ada pada hak preoregatif Gubernur.

Sementara itu menurut Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi, Supriyono, DPRD Provinsi Jambi telah mengadakan rapat persiapan untuk dilakukannya pelantikan gubernur terpilih yang akan dilaksanakan pada 03 Agustus 2010 mendatang. SKnya akan dijemput DPRD Provinsi akhir Juli ini. ruk

Tidak ada komentar: