Rabu, 07 Juli 2010

Gubernur Jambi Komitmen Berantas Ilegal Logging

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin selama menjabat dua periode telah berkomitmen dalam memberantas pembalakan liar (illegal logging). Zulkifli Nurdin yang jabatannya akan berakhir 3 Agustus 2010, berpesan kepada penggantinya agar tetap berkomotmen dalam memberantas praktek ilegalogging di daerah itu.

Demikian dikatakan Zulkifli Nurdin disela-sela HUT Bhayangkara Polri di Jambi, Kamis (1/7). Menurutnya, koordinasi dengan jajaran Polda Jambi sangat dperlukan dalam pemberantasan ilegallogging di Provinsi Jambi.

“Walaupun diakhir-akhir masa jabatan saya, saya akan terus berupaya menghentikan ilegaloging. Saya akan berpesan kepada pengganti saya agar kegiatan ilegaloging ini betul-betul diberantas habis-habisan. Karena efeknya sangat besar bagi dunia, terutama bagi anak-anak generasi muda masa mendatang,” katanya.

Disebutkan, jika kita lihat sekitar lima tahun yang lalu, saat masih marak-maraknya terjadinya penebangan liar, setiap hari di Sungai Batanghari terlihat kayu balok diangkut, yang jumlahnya ribuan kubik tanpa dilengkapi dokumen, kalaupun ada terkadang dukumennya tidak sesuai sebagaimana mestinya.

“Saat ini hal tersebut tidak terlihat lagi. Ini harus kita syukuri dan saat ini kita harus melakukan penanaman kembali. Kepedulian semua pihak guna memberantas ilegallogging harus sangat diperlukan,”katanya.

Disebutkan, Indonesia dikaruniai kekayaan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi dengan dimilikinya sekitar 90 tipe ekosistem, 40.000 spesies tumbuhan dan 300.000 spesies hewan.

Dengan potensi keanekaragaman hayati yang melimpah merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan bagi pembangunan ekonomi nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Provinsi Jambi. ruk

Tidak ada komentar: