Rabu, 07 Juli 2010

Warga Jambi Resahkan Berkurangnya Stok BBM

Jambi, BATAKPOS

Warga Jambi kini mengeluhkan semakin minimnya stok bahan bakar umum (BBM) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jambi. Sejumlah SPBU banyak tutup lebih awal karena habisnya stok BBM.

Berkurangnya stok BBM di Jambi karena pengurangan pasokan dari Pertamina Palembang. Kurangnya stok BBM di Jambi sudah terjadi sepekan terakhir. Bahkan kekurangan BBM itu hamper merata di seluruh kabupaten kota.

Wakil Maneger Pemasaran Pertamina Jambi, Hasriansyah, Kamis (1/7) mengatakan, berkurangnya BBM di Jambi karena pasokan dari Pertamina Palembang berkurang. Namun belum diketahui pasti alas an pengurangan pasokan tersebut.

Disebutkan, bahwa lonjakan kenaikan permintaan BBM biasanya terjadi pada H-7 sampai H+14 Idul Fitri. Untuk itu, Pertamina akan membentuk Satgas untuk mengatasi hal tersebut.

Menurutnya, Pertamina Jambi akan menentukan titik-titik SPBU yang strategis dan buka 24 jam sehari untuk melayani kebutuhan masyarakat pada masa Ramadhan, yaitu dari 58 SPBU, 12 SPBU ditetapkan sebagai SPBU yang beroperasi 24 jam sehari.

Disebutkan, pengiriman BBM melalui jalur transportasi air, jika terjadi pendangkalan Sungai Batanghari, tongkang Pertamina juga dijalankan, namun kargonya dikecilkan, dan sekarang Pertamina sudah menyiapkan tujuh tongkang yang siap untuk mengangkut BBM.

Sementara itu, Asisten Gubernur Jambi Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial, Ir. H. Havis Husaini, MM mengatakan, potensi dan kemungkinan kenaikan harga berbagai komoditi menjelang bulan Ramadhan akan terjadi.

Disebutkan, harga berbagai komoditi cenderung naik. Salah satu faktor penyebab kenaikan harga ini adalah peningkatan permintaan dari masyarakat luas.

“Guna mengantisipasi lonjakan harga komoditi atau kenaikan harga yang terlalu besar menjelang bulan Ramadhan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi telah mengadakan Rapat Koordinasi tentang Antisipasi Lonjakan Harga Menjelang Bulan Ramadhan 2010 pada Selasa (29/6) lalu bertempat di Ruang Utama Kantor Gubernur Jambi. ruk

Tidak ada komentar: