Senin, 21 Juni 2010

UNJA Tampung 1008 Orang Calon Mahasiswa Baru

Sumut Dominasi
Jambi, BATAKPOS

Universitan Jambi (UNJA) menampung sebanyak 1008 lulusan hasil seleksi Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PTN) yang diumumkan Rabu (9/6). Jumlah tersebut melebihi kuota yang pernah dilontarkan Unja yakni sebanyak 980 orang.

Rektor Universitas Jambi, H Kemas Arsyad Somad, Kamis (10/6) mengatakan, dari 1008 orang calon mahasiswa itu, hanya 382 orang yang berasal dari Provinsi Jambi. Selebihnya dari provinsi lain khususnya didominasi peserta dari Sumatera Utara.

Disebutkan, kelebihan dari kuota awal yang ditentukan merupakan hal yang biasa. Hal itu layaknya sebuah kompetisi. Jumlah peserta yang mendaftar dan mengikuti UMB di Kampus (Unja) Mendalo Darat, 22 Mei 2010 lalu berjumlah 5.844 peserta.

Pelaksanaan UMB-PTN dilaksanakan di 12 Perguruan Tinggi, yakni Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP).

Kemudian Universitas Jambi (Unja), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Makasar, Universitas Palangkaraya dan Universitas Negeri Semarang.

Menurut Kemas Arsyad Somad, calon mahasiswa yang mendominasi ke UNJA setiap tahunnya berasal dari Sumatera Utara. Mereka banyak memilih Fakultas Peternakan, Pertanian dan Hukum. ruk

Tidak ada komentar: